PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI SMK NEGERI 2 MAGELANG

Aqwam, Aqwam (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI SMK NEGERI 2 MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0059_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_AQWAM.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0059_BAB IV_AQWAM.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0059_LAMPIRAN_QWAM.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0059_FULLTEXT_AQWAM.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di SMK Negeri 2 Magelang. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar siswa pada materi sejarah kebudayaan islam (SKI) di SMK Negeri 2 Magelang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Magelang yang berjumlah 347 siswa. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 52 siswa yang ditentukan dengan cara simple random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket atau kuesioner yang digunakan untuk mengungkapkan variabel pendekatan saintifik dan variabel motivasi belajar SKI. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan statistik. Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar siswa pada materi sejarah kebudayaan islam menggunakan bantuan komputer melalui program SPSS for windows versi 16.00. Hasil penelitian ini menunjukkan pendekatan saintifik yang dilaksanakan dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam diperoleh frekuensi 31 dengan persentase 59.61% yang penulis kategorikan sangat baik. Sedangkan, motivasi belajar siswa pada materi sejarah kebudayaan islam diperoleh frekuensi 35 dengan persentase 67.30% yang penulis kategorikan sangat baik. Korelasi yang signifikan sebesar 0.536 lebih besar dari 0.273 r tabel pada taraf signifikansi 5% diperoleh dari variabel pendekatan saintifik dan motivasi belajar SKI, berarti ada hubungan yang positif antara pendekatan saintifik dengan motivasi belajar SKI. Korelasi (R) pada hasil analisis regresi linier sederhana sebesar 0.536, dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi alternatif (R) sebesar 0.273 yang berarti bahwa pengaruh variabel bebas (pendekatan saintifik) terhadap variabel terikat (motivasi belajar SKI) adalah sebesar 27.3% sedangkan sisanya 72.7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak penulis teliti. Hasil koefisien uji t variabel pendekatan saintifik 4.486 lebih besar dari 2.010 pada taraf signifikansi 5% t tabel, sedangkan nilai probabilitasnya 0.000 lebih kecil dari 0.05 yang menunjukkan pengaruh pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar SKI signifikan atau ada pengaruh pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar SKI.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Mujahidun, M.Pd dan Andi Triyanto, M.S.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 28 Oct 2021 07:30
Last Modified: 28 Oct 2021 07:30
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2911

Actions (login required)

View Item View Item