Istutik, Dwi (2021) HUBUNGAN BELAJAR DI RUMAH DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DI SD ISLAM AL UMAR KECAMATAN SRUMBUNG TAHUN 2021. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
19.0603.0032 BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Dwi Astutik.pdf - Published Version Download (947kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
19.0603.0032 BAB 4 - Dwi Astutik.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (395kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
19.0603.0032 LAMPIRAN - Dwi Istutik.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
19.0603.0032_FULLTEXT - Dwi Astutik.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
PERNYATAAN PUBLIKASI- Dwi Istutik.pdf - Published Version Download (435kB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang : Mulai awal tahun 2020 Dunia dihebohkan dengan munculnya virus baru yaitu Covid-19 dimana virus ini menyebar sangat cepat. Dalam rangka mengurangi penyebaran virus ini dilakukan kebijakan salah satunya adalah proses belajar dari rumah. Kebijakan belajar di rumah ini akan menimbulkan berbagai permasalahan salah satunya adalah masalah psikososial pada anak usia sekolah dasar. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan belajar di rumah dengan perkembangan psikososial anak usia sekolah di SD Islam Al Umar Kecamatan Srumbung. Metode : Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain penelitian diskriptif korelasi dan pengambilan datanya menggunakan cross sectional. Pada penelitian ini menggunakan 2 alat ukur yaitu ceklis belajar dari rumah dan kuesioner perkembangan psikososial. Dalam penyebaran alat ukur ini peneliti menggunakan tehnik proportionate startified randon sampling dimana menggunakan responden sejumlah 82 responden. Uji statistic yang digunakan pada penelitian ini adalah uji koefisien kontingensi dengan nilai signifikasi p < 0,05. Hasil : Tidak terdapat hubungan belajar di rumah pada perkembangan psikososial anak usia sekolah di SD Islam Al Umar dengan nilai p value = 0,258. Kesimpulan : Belajar di rumah tidak berhubungan dengan perkembangan psikososial anak dikarenakan perkembangan psikososial anak usia tidak hanya dipengaruhi oleh proses belajar di rumah saja, akan tetapi dipengaruhi oleh berbagai factor antara lain factor belajar itu sendiri, lingkungan, orang tua, kelompok, keluarga, status kesehatan, kelompok, serta teman sebaya.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | ibu Ns. Reni Mareta M,Kep. dan ibu Ns. Septi Wardani M,Kep. |
Uncontrolled Keywords: | Belajar di Rumah, Perkembangan Psikososial. |
Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 15 Nov 2021 02:35 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 02:35 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2855 |
Actions (login required)
View Item |