Munawaroh, Eni Zakiyatul (2019) METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI SDIT ISTIQOMAH GANDON KALORAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0071 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0071 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (532kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0071 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0071 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0071 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (494kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengunaan metode pembelajaran bermain peran dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, mengetahui bagaimana kemampuan bermain peran siswa-siswi di SDIT Istiqomah Gandon Kaloran, dan mengetahui bagaimana metode bermain peran dapat meningkatkan prestasi belajar dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SDIT Istiqomah Gandon Kaloran. Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDIT Istiqomah Gandon yang berjumlah 15 siswa. Metode pengumpilan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes untuk keberhasilan peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan metode bermain peran dan metode observasi/pengamatan untuk mengukur keterlibatan siswa dalam mengikuti pembelajaran bermain peran, serta dukumentasi yang digunakan untuk mencari data-data tentang kondisi siswa secara detil dan secara umum sebagai sarana pendukung dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar mulai tampak pada siklus pertama. Kalau pada pretest, nilai rata-rata kelas sebesar 66,27 (Kurang) pada siklus pertama sudah mengalami peningkatan menjadi rata-rata 78,33 (Cukup). Tingkat ketuntasan juga mengalami kenaikan sebesar 47%, yaitu dari 40% pada pretest menjadi 86,67% (Baik). Pada siklus kedua nilai rata-rata menjadi 82,33 (Baik) dan ketuntasan menjadi 93,33%. (Baik Sekali). Pada hasil pengamatan juga terjadi kenaikan dari 54,67% (Kurang) pada siklus pertama 77,33% (Cukup) pada siklus kedua atau naik sebesar 22,66%. Hal ini menjadi suatu kewajaran, karena terjadinya peningkatan nilai rata-rata kelas secara akademik tentu akan berdampak pada peningkatan ketercapaian ketuntasan secara klasikal. Pada siklus kedua ketuntasan secara klasikal sudah terlampui. Dari 15 anak yang mengikuti pembelajaran terdapat 14 siswa yang mengalami ketuntasan dan tinggal satu siswa yang belum bisa mencapai mungkin karena pengaruh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa metode Bermain Peran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, sedang sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imam Mawardi, M.Ag. dan M. Tohirin, S.Ag.,M.Ag (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Bermain Peran, Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 11 May 2019 02:11 |
Last Modified: | 11 May 2019 02:11 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/284 |
Actions (login required)
View Item |