GAMBARAN GRABAG MOOD ANAK PADA STUDY FROM HOME SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN

LISTIANA, LISTIANA (2021) GAMBARAN GRABAG MOOD ANAK PADA STUDY FROM HOME SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0603.0016_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA-Listiana.pdf - Published Version

Download (739kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
17.0603.0016_BAB IV-Listiana.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0603.0016_LAMPIRAN-Listiana.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0603.0016_FULLTEXT-Listiana.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0603.0016_PERNYATAAN PUBLIKASI-Listiana.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview

Abstract

Adanya pandemi Coronavirus berdampak serta pada dunia pendidikan. Pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Coronavirus dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran daring online (Study From Home). Study From Home merupakan pengalaman pertama anak dalam mengikuti penetapan pemerintah dalam lingkup pendidikan dengan pembelajaran bersistem via online atau daring dengan pembelajaran dirumah dan segala sesuatu pula dilakukan di dalam rumah. Pembelajaran online merupakan suatu kegiatan belajar yang membutuhkan jaringan internet dengan konektivitas, aksesibilitas, fleksibilitas, serta kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran, sebagai penunjang Study From Home (Belajar Dari Rumah) anak. Pengalaman baru pembelajaran dalam online berdampak pada mood (suasana hati) dalam diri anak baik secara positive mood atau negative mood yang meliputi: tingginya intensitas kebiasaan bermain anak di rumah, pemberian metode pembelajaran pendidik yang membosankan serta kurangnya peran orang tua dalam mendukung aktivitas belajar anak. Metode penelitian: Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan metode langsung dengan simple random sampling dan door to door dengan jumlah sampel sebanyak 84 responden. Hasil: Penelitian menunjukkan mood (suasana hati) anak berdominan pada interpretasi negative activation valensi negatif dan arousal bersemangat sebanyak 32 responden dengan persentase 38,1%. Kesimpulan: Karakteristik responden pada anak Sekolah Dasar Kecamatan Grabag didominasi kelas 5 sebanyak 48 responden dengan persentase (57,1%), dengan usia 10 tahun sebanyak 32 responden dengan persentase (38,1%), jenis kelamin responden didominasi laki-laki sebanyak 47 responden dengan persentase (56%), kategori mood anak didominasi neutral dengan indikator kadang-kadang sebanyak 32 responden dengan persentase (38,1), interpretasi mood didominasi negative activation dengan valensi negatif dan arousal bersemangat sebanyak 33 responden dengan persentase (39,3).

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Ns. Reni Mareta, M.Kep dan Ns. Nurul Hidayah, MS
Uncontrolled Keywords: Mood (Suasana Hati) Anak, Study From Home
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 15 Nov 2021 01:55
Last Modified: 15 Nov 2021 01:55
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2834

Actions (login required)

View Item View Item