METODE ROSYIDA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR’AN PADA MATA PELAJARAN TAJWID TAHSIN DI MTS AL-MU’MIN MUHAMMADIYAH TEMBARAK TEMANGGUNG

Martyani, Alfiah (2019) METODE ROSYIDA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR’AN PADA MATA PELAJARAN TAJWID TAHSIN DI MTS AL-MU’MIN MUHAMMADIYAH TEMBARAK TEMANGGUNG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0061 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0061 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0061 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0061 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0061 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa MTs Al-Mu‟min Muhammadiyah Tembarak Temanggung setelah menggunakan metode Rosyida. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Pi 1 MTs Al-Mu‟min Muhammadiyah Tembarak Temanggung yang berjumlah 19. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes lisan, wawancara dan observasi, yang digunakan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Rosyida pada mata pelajaran Tajwid Tahsin dengan mengumpulkan data nilai pre test, siklus I, siklus II dan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Rosyida dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas VIII Pi 1 MTs Al-Mu‟min Muhammadiyah Tembarak Temanggung, hal ini terbukti dengan sesudah menggunakan metode Rosyida, terjadi kenaikan nilai rata-rata kelas, dimana nilai rata-rata hasil pre test adalah 70,66, rata-rata siklus I adalah 74,61 dan rata-rata pada siklus II adalah 85,00 sedangkan rata-rata siklus III adalah 89,80. Dari data nilai rata-rata ini terlihat bahwasannya ada peningkatan dari nilai rata-rata sebelum diterapkan dan setelah diterapkannya metode Rosyida, dan peningkatan tersebut juga dapat terlihat dari prosentase siswa yang mencapai nilai KKM yaitu pada pre test ada 12 siswa atau 63,16% yang mencapai KKM, pada siklus I ada 14 siswa atau 73,68% yang mencapai KKM dan siklus II ada 18 siswa atau 94,74% yang mencapai KKM, sedangkan pada siklus III semua siswa (19) atau 100% telah mencapai KKM, sehingga dapat dikatakan terjadi peningkatan kemampuan siswa kelas VIII Pi 1 MTs Al-Mu‟min Muhammadiyah Tembarak Temanggung dalam membaca Al-Quran pada pelajaran Tajwid Tahsin setelah di terapkan metode Rosyida.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag. dan M Tohirin, M.Ag. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Metode Rosyida,Kemampuan Membaca Alqur'an, Pelajaran Tajwid
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 11 May 2019 02:06
Last Modified: 11 May 2019 02:06
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/282

Actions (login required)

View Item View Item