Zulianto, Eko (2019) IMPLEMENTASI METODE MIND MAP DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 2 SAWANGAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0056 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0056 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (995kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0056 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0056 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0056 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (354kB) | Preview |
Abstract
Guru menempati posisi penting dan penentu berhasil tidaknya pencapaian tujuan dalam suatu proses pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat merupakan hal yang perlu diperhatikan guru. Dengan metode mind map ini dapat meningkatkan penguasaan konsep belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran pada pelajaran PAI. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang penigkatan pengusaan konsep pada pelajaran PAI dengan menerapkan metode mind map pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Sawangan. Pernyataan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI melalui penerapan metode mind map di kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Sawangan? Bagaimana aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode mind map terhadap pelajaran PAI? Bagaimana respon siswa dengan menggunakan metode pembelajaran mind map. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 2 Sawangan sebanyak 25 siswa. Adapun prosedur pengumpulan data adalah melalui tes hasil belajar siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan penyebaran angket respon siswa. Sedangkan teknik analisis data penulis menggunakan analisis deskriptif (persentase). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama dua siklus. Secara keseluruhan, hasil penelitian yang berlangsung selama dua siklus menunjukkan bahwa pembelajaraan dengan menggunakan metode ini berdasarkan hasil data yang dapat, melalui metode mind map dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI dapat meningkatkan sebesar 82,25%. Hasil belajar siswa sebesar 87,36%. Respon siswa selama mengikuti proses belajar dengan menggunakan metode mind map yang paling tertinggi sebesar 63%. Respon siswa dalam pembelajaran ini berarti positif karena siswa senang belajar dan mudah memahami dengan menggunakan metode pembelajaran mind map ini.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imron, MA selaku dan Afga Sidiq Rifai, M.Pd.I (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Mind Map, Perestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 11 May 2019 01:56 |
Last Modified: | 11 May 2019 01:56 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/281 |
Actions (login required)
View Item |