Burhanudin, Achmad (2019) PENGGUNAAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ISLAM BALESARI WINDUSARI MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0052 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (577kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0052 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (476kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0052 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0052 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0052 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (171kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode card sort dalam meningkatan hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Balesari dalam pembelajaran fqih dengan materi zakat fitrah di kelas IV Ibtidaiyah Al-Islam Balesari. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al-Islam balesari yang berjumlah 22 siswa, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adlah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode card sort. Hal ini dapat dilihat dari suasana pembelajaran di kelas IV menjadi lebih hidup, peserta didik menjadi lebih aktif dan semangat dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, tahap pertama adalah kegiatan pra siklus, yaitu mencari data hasil belajar sebelum menggunakan metode Card Sort. Tahap kedua adalah pelaksanaan Siklus I dan II.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I yaitu 62 menjadi 67 dengan prosentase perubahan nilai sebesar 8,06%. Sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 80 dengan presentase perubahan nilai sebesar 29,03% dan ketuntasan belajar mencapai 100%. Berdasarkan hasil analisis siklus I dan siklus II dapat diambil kesimpulan bahwa metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar fiqi materi zakat fitrah di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Balesari Windusari Magelang tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Suliswiyadi dan Istania Widayati, S.Pd.I., M.Pd.I (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Metode Card Sort, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 10 May 2019 04:10 |
Last Modified: | 10 May 2019 04:10 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/280 |
Actions (login required)
View Item |