METODE PEMBELAJARAN BACA TULIS ALQUR’AN BAGI SISWA TUNANETRA SEKOLAH DASAR LUAR BIASA MA’ARIF MUNTILAN

Alifah, Afifta (2019) METODE PEMBELAJARAN BACA TULIS ALQUR’AN BAGI SISWA TUNANETRA SEKOLAH DASAR LUAR BIASA MA’ARIF MUNTILAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0051 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (904kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0051 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0051 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0051 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0051 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran baca tulis Alqur‟an yang diterapkan oleh guru bagi siswa tunanetra Sekolah Dasar Luar Biasa Ma‟arif Muntilan dan proses pelaksanaan metode baca tulis Alqur‟an bagi siswa tunanetra Sekolah Dasar Luar Biasa Ma‟arif Muntilan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang meneliti tentang metode pembelajaran baca tulis Alqur‟an bagi siswa tunanetra. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan guru dalam pembelajaran baca tulis Alqur‟an bagi siswa tunanetra yaitu 1) metode drill (latihan), metode ini guru gunakan untuk melatih siswa dalam penulisan alquran braille. 2) metode tanya jawab, metode ini ini guru gunakan sebagai selingan agar pembelajaran tidak terlalu jenuh, selain itu juga untuk merangsang keaktifan siswa dikelas. seperti yang kita ketahui bahwa siswa tunanetra cenderung pasif dan tertutup. 3) metode hafalan, metode ini digunakan untuk menambah hafalan surat-surat pendek pada siswa. 4) Pelaksanaan pembelajaran baca tulis Alqur‟an bagi siswa tunanetra di SLB Ma‟arif Muntilan pada dasarnya sama seperti dengan pembelajaran BTQ bagi siswa pada umumnya, namun dalam pelaksanaanya harus dimodifikasi dan juga media yang digunakan berbeda. Media yang digunakan dalam pembelajaran BTQ meliputi papan baca untuk kelas I , kelas II dan IV menggunakan reglet dan stylus.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag. dan M. Tohirin, M.Ag. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, BTQ, Tunanetra
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 10 May 2019 04:08
Last Modified: 10 May 2019 04:08
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/279

Actions (login required)

View Item View Item