Alifah, Afifta (2019) METODE PEMBELAJARAN BACA TULIS ALQUR’AN BAGI SISWA TUNANETRA SEKOLAH DASAR LUAR BIASA MA’ARIF MUNTILAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0051 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (904kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0051 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (576kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0051 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0051 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0051 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (222kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran baca tulis Alqur‟an yang diterapkan oleh guru bagi siswa tunanetra Sekolah Dasar Luar Biasa Ma‟arif Muntilan dan proses pelaksanaan metode baca tulis Alqur‟an bagi siswa tunanetra Sekolah Dasar Luar Biasa Ma‟arif Muntilan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang meneliti tentang metode pembelajaran baca tulis Alqur‟an bagi siswa tunanetra. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan guru dalam pembelajaran baca tulis Alqur‟an bagi siswa tunanetra yaitu 1) metode drill (latihan), metode ini guru gunakan untuk melatih siswa dalam penulisan alquran braille. 2) metode tanya jawab, metode ini ini guru gunakan sebagai selingan agar pembelajaran tidak terlalu jenuh, selain itu juga untuk merangsang keaktifan siswa dikelas. seperti yang kita ketahui bahwa siswa tunanetra cenderung pasif dan tertutup. 3) metode hafalan, metode ini digunakan untuk menambah hafalan surat-surat pendek pada siswa. 4) Pelaksanaan pembelajaran baca tulis Alqur‟an bagi siswa tunanetra di SLB Ma‟arif Muntilan pada dasarnya sama seperti dengan pembelajaran BTQ bagi siswa pada umumnya, namun dalam pelaksanaanya harus dimodifikasi dan juga media yang digunakan berbeda. Media yang digunakan dalam pembelajaran BTQ meliputi papan baca untuk kelas I , kelas II dan IV menggunakan reglet dan stylus.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imam Mawardi, M.Ag. dan M. Tohirin, M.Ag. (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, BTQ, Tunanetra |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 10 May 2019 04:08 |
Last Modified: | 10 May 2019 04:08 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/279 |
Actions (login required)
View Item |