PENERAPAN METODE TALAQQI DALAM PROGRAM TAHFIDZUL QURAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AT-TAQWA GRABAG MAGELANG

Mujib, Abdul (2019) PENERAPAN METODE TALAQQI DALAM PROGRAM TAHFIDZUL QURAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AT-TAQWA GRABAG MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0048 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0048 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0048 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0048 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0048 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode talaqqi dalam program tahfidzul Quran, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode talaqqi dalam program tahfidzul Quran, serta untuk mengetahui solusi dalam mengatasi hambatan-hambatan penerapan metode talaqqi dalam program tahfidzul Quran di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu At-Taqwa Grabag. Subjek dalam penelitian ini adalah Koordinator Tahfidz, Guru Tahfidz, dan semua siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu At-Taqwa Grabag, dengan menjadikan sebagai subyek penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display), dan dilanjutkan dengan kesimpulan (Conclusing Drawing/Verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode talaqqi dalam program tahfidzul Quran di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu At-Taqwa Grabag Magelang terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan, murid sebelum bertalaqqi hafalan pada musyrif tahfidz mengulangulang hafalan sampai benar-benar lancar dan baik. Tahap pelaksanaan, murid membacakan materi hafalannya kepada musyrif tahfidz secara tartil. Kemudian musyrif tahfidz menyimak hafalan murid dengan teliti. Dan apabila ada kesalahan pada bacaan santri, musyrif tahfidz akan membetulkannya. Murid bergantian menyetorkan hafalan langsung kepada musyrif tahfidz baik hafalan baru maupun hafalan lama. Tahap evaluasi, murid dievaluasi setiap menyelesaikan hafalan 1 juz dan ujian tahfidz setiap semester yaitu murid menyetorkan hafalan yang telah didapat (5 juz/semester) kepada musyrif ujian. Faktor pendukung, yaitu adanya sarana dan prasarana yang sudah memadai, adanya pembinaan kualitas baik di bidang ilmu tajwid, fashahah dan pembinaan tentang cara menghafal dan menjaga hafalan Alquran, tenaga pengajar sesuai bidangnya, yaitu guru Alquran, kondisi lingkungan yang tenang. Dari faktor penghambat, yaitu ada sebagian santri yang bacaan Alqurannya belum tartil, solusinya dengan memberikan bimbingan yang lebih intensif, santri kesulitan dalam mengatur waktu, kurang menyadari manfaat metode talaqqi dalam menghafal Alquran, dan santri kurang istiqomah dalam mentalaqqi hafalan yang telah dihafal solusinya kepada mereka dinasehati, dimotivasi, dan didampingi secara intensif, beberapa santri yang sudah baligh yang ditandai dengan haidh untuk santri putri dan ihtilam (mimpi basah) untuk santri putra karena mereka sudah memiliki kecenderungan tertarik dengan lawan jenis, untuk mengantisipasinya pihak sekolah memberikan peraturan-peraturan seperti tidak diperbolehkan membawa handphone (HP), karena dapat menggangu konsentrasi menghafal. Selain itu pengasuh juga melarang keras santri pacaran.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Nurodin Usman, Lc., MA dan Istania Widayati, M.Pd.I (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Metode Talaqqi,Tahfidzul Quran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 10 May 2019 04:06
Last Modified: 10 May 2019 04:06
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item View Item