Apriandani, Fifi Meirina (2019) PENERAPAN STRATEGI VIDEO LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA RINDANG KASIH SECANG MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0041 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (707kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0041 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0041 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (745kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0041 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0041 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (265kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pelaksanaan pembelajaran PAI menggunakan strategi Video Learning bagi tunagrahita di SLB Rindang Kasih Secang Magelang, 2) Faktor penghambat dan faktor pendukung yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran PAI menggunakan strategi Video Learning di SLB Rindang Kasih Secang Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan atau field research sebab data-data yang dikumpulkan diperoleh dari lapangan langsung terhadap obyek yang diteliti. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan di lapangan yang bersifat verbal, kalimat dan tidak berupa angka yang terjadi di SLB Rindang Kasih Secang Magelang. Subyek penelitian ini adalah Guru PAI, Kepala Sekolah dan Peserta Didik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangakan teknik yang digunakan dalam analisis data data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI menggunakan strategi video learning dalam materi shalat bagi tunagrahita di SLB Rindang Kasih yaitu dengan cara guru memberikan pengantar seputar materi shalat di pertemuan pertama kemudian siswa ditunjukkan tanyangan video animasi berupa gerakan dan bacaan shalat yang kemudian di pertemuan berikutnya siswa akan mempraktekkan shalat dengan bimbingan guru. Adanya program shalat dzuhur berjama‟ah di sekolah dan adanya buku kegiatan siswa untuk mengontrol sholat siswa di rumah juga menjadi faktor pendukung dalam pembelajaran, selain itu ruang TIK yang cukup memadai dan keuletan guru dalam mendidik juga menjadi pendukung pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya IQ peserta didik yang jauh di bawah rata-rata anak normal, kurangnya bahan ajar, dan kurangnya kerjasama antara guru dan orangtua. Selain itu juga karena kurikulum yang tidak sesuai dengan kondisi peserta didik
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd.I dan Irham Nugroho, M.Pd.I, (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Video Learning, Tunagrahita, Shalat |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 10 May 2019 04:04 |
Last Modified: | 10 May 2019 04:04 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/276 |
Actions (login required)
View Item |