PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TEKA TEKI SILANG PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD IT MUHAMMADIYAH BANDONGAN

Rosyad, Syamsudin (2018) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TEKA TEKI SILANG PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD IT MUHAMMADIYAH BANDONGAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0088_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0088_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0088_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0088_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Factor factor yang mempengaruhi keberhasilan Pendidikan adalah ada dua, yaitu factor internal dan external. Faktor internal dari kondisi siswa itu sendiri, yaitu kematangan, kesehatan dan juga kecerdasan. Dan factor external adalah keluarga, sekolah, lingkungan dan juga metode yang digunakan. Yang mempunyai pengaruh besar pencapaian hasil belajar siswa adalah bagaimana cara guru mengajar. Penerapan strategi mengajar yang tepat dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan selama proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran. Pada Penelitian ini penerapan Teka Teki Silang (TTS) digunakan untuk meninjau ulang pelajaran. Teka Teki Silang ini melatih siswa untuk meningkatkan daya ingat terhadap pelajaran. Dengan Teka Teki Silang ini siswa akan lebih mudah mengingat apa yang di pelajarinya dan memudahkan siswa memahaminya sifat sifat mustahil bagi Alloh. Latihan memgingat membantu siswa menggunakan otak mereka untuk focus dalam menyimpan informasi. Teka Teki Silang juga merupakan permainan yang menyenangkan dan siswa dapat terlibat langsung didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektifitas metode Teka Teki Silang pada hasil belajar siswa pokok bahasan Sifat sifat Mustahil Bagi Alloh pada mata pelajaran PAI di kelas III SD IT Muhammadiyah Bandongan.Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian perbaikan pembelajaran metode Teka Teki Silang, dilaksanakan dalam 2 kali siklus dengan 2 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDIT Muhammadiyah Bandongan tahun ajaran 2016/ 2017 dengan jumlah 24 siswa. Instrument utama yang dijadikan alat pengumpul data berupa tes sebagai evaluasi pembelajaran PAI Kelas III dengan materi Sifat sifat mustahil bagi Allah, serta observasi berupa skala sikap, dan jurnal guru. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya diolah menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar konsep pengukuran satuan berat siswa dari siklus I dan II mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari keberhasilan evaluasi pembelajaran PAI materi Sifat sifat mustahil bagi Allah dengan menggunakan metode Teka Teki Silang pada siklus I sebesar 76,90 % prosentase pertambahan nilainya, serta 66,62 % sudah tuntas KKM. Pada akhir siklus II prosentase pertambahan nilainya meningkat menjadi 87,61 % serta 100 % siswa tuntas KKM. Dengan demikian terbukti bahwa penerapan metode Teka Teki Silang berhasil meningkatkan kemampuan pada siswa kelas III SDIT Muhammadiyah Bandongan. Peneliti akhirnya merekomendasikan kepada pihak-pihak yang berkompeten terutama para guru yang mengampu pelajaran PAI untuk menerapkan metode Teka Teki Silang dan juga pada pembelajaran selain PAI.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Muis Sad Iman, S.Pd.I, M.Pd.I dan Ahwy Oktradiksa, S.Pd.I, M.Pd.I (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Sifat Mustahil Bagi Alloh, Teka Teki Silang
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 03 May 2019 08:13
Last Modified: 03 May 2019 08:13
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/273

Actions (login required)

View Item View Item