Kayuntami, Dyah Hesti (2019) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0024 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0024 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0024 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0024 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0024 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (319kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kota Magelang, 2) Metode penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak usia dini, 3) Dampak penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam terhadap anak usia dini di TK Pertiwi Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik, orang tua, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrument utama dalam melakukan penelitian yang dibantu dengan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Trianggulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak usia dini di TK Pertiwi Kota Magelang mencakup 3 kegiatan yaitu, kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Materi yang disampaikan dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam mencakup pendidikan aqidah, ibadah dan akhlak. 2)Metode yang digunakan dalam proses penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak usia dini yaitu metode bermain, metode bercerita, metode bernyanyi, metode karyawisata, metode demonstrasi, metode pembiasaan, metode berdialog, dan metode keteladanan. 3) Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak usia dini berdampak terhadap pengembangan agama anak, perubahan perilaku anak, dan penyaluran bakat anak.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Suliswiyadi, M.Ag. dan Istania Widayati,S.Pd.I.,M.Pd.I., (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Anak Usia Dini |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 10 May 2019 03:55 |
Last Modified: | 10 May 2019 03:55 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/270 |
Actions (login required)
View Item |