Nursekha, Vina Zuzun (2020) MODEL MANAJEMEN CORRELATED CURRICULUM UNTUK PENANAMAN KARAKTER ISLAMI PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (PKBM) BERBASIS TAHFIDZ QUR’AN DI KABUPATEN TEMANGGUNG. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
19.0406.0020_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_ BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
19.0406.0020_COVER DAN BAB IV - Vina Zuzun NUrsekha.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
19.0406.0020_COVER DAN LAMPIRAN - Vina Zuzun Nursekha.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (975kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
19.0406.0020_FULLTEX_Vina Zuzun Nursekha.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
19.0406.0020_Repositori - Vina Zuzun Nursekha.pdf - Published Version Download (311kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model manajemen correlated curriculum untuk penanaman karakter islami pada Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) berbasis tahfidz qur‟an di kabupaten Temanggung. Data PKBM di Kabupaten Temanggung ada 77 dan 3 diantaranya adalah PKBM berbasis tahfidz Qur‟an. Adapun lokasi tersebut ada di Kuttab Permata Qur‟an, pondok pesantren Abata dan Rumah Tahfidz Zaid Bin Tsabit (Zabisa Temanggung). Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pendekatan penelitian ini digunakan untuk menjawab pertanyaan yang mengharuskan peneliti memahami fenomena secara mendalam, bahkan mengeksplorasi dan mengolaborasi nya. Sumber data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah informan, tempat/lokasi dan peristiwa, serta dokumen/arsip yang berkaitan dengan objek penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun teknis analisis data meliputi reduksi data, penyajian data secara tersistem kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Model Pelaksanaan Correlated Curriculum pada pendidikan non formal di Kabupaten Temanggung yaitu dengan mengkorelasikan semua jenis keilmuan yang dipelajari dengan sudut pandang ilmu agama. Sehingga hal ini mampu membuktikan bahwa ilmu agama bisa menjadi induk segala ilmu yang berhasil mengantarkan pelakunya menjadi ilmuan yang beragama, agamawan yang berilmu dan sumber daya manusia yang terampil, professional yang beragama dan berilmu.
Item Type: | Karya Ilmiah (Masters) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Nurodin Usman,Lc., MA dan Dr. Imron, S.Ag,MA. |
Uncontrolled Keywords: | Corelated Curriculum, Penanaman Karakter Islami, PKBM |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 08:11 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 08:11 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2693 |
Actions (login required)
View Item |