Afifah, Tsara Fadhil (2020) PENDIDIKAN ANAK USIA 10-14 TAHUN PERSPEKTIF SYAIKH JAMAL ABDURRAHMAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0002_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (565kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0002_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0002_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (912kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0002_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0002_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (68kB) | Preview |
Abstract
Dalam sebuah kehidupan akan ada banyak masalah yang didapati. Adapun kenakalan remaja menjadi sebuah permasalahan yang kompleks dan rumit yang tidak pernah berujung bak sebuah lingkaran. Remaja sangat memerlukan perhatian khusus dalam pendidikan dan keikutsertaanya dalam masyarakat demi mempersiapkan diri sebagai generasi yang akan datang. Syaikh Jamal Abdurrahman merupakan salah seorang tokoh Islam yang telah melahirkan karya berupa teori mendidik anak secara Islami sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam. Menurut Syaikh Jamal Abdurrahman mendidik, mengajar serta mengarahkan anak merupakan hadiah terbaik dan perhiasan terindah yang diberikan orang tua kepada anaknya. Penenlitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan remaja dalam perspektif Syaikh Jamal Abdurrahman. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), dimana peneliti menggunakan metode dokumentasi dalam pengumpulan data. Sedangkan dalam menganalisis data-datanya, peneliti menggunakan teknik analisis konten (Content Analysis) berupa data-data tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan anak usia 10-14 tahun perspektif Syaikh Jamal Abdurrahman, terbagi menjadi 4 ranah pendidikan yaitu: 1) Pendidikan sosial, 2) Pendidikan mental, 3) Pendidikan seksual, 4) Pendidikan jasmani & kesehatan. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai bentuk pencegahan kenakalan remaja dalam buku Islamic Parenting oleh Syaikh Jamal Abdurrahman di antaranya: menggunakan sistem pendidikan Islam; sistem pendidikan yang mengacu pada norma-norma idealisme, kerohanian, akhlak dan agama, menanamkan prinsip-prinsip yang lurus dan orientasi yang baik dalam jiwa dan perilaku anak, serta menjatuhkan hukuman dengan tujuan memberikan bimbingan dan perbaikan.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd. dan Istania Widayati H. M.Pd.I. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 07:34 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 07:34 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2692 |
Actions (login required)
View Item |