ANALISIS PERAN GURU KELAS DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN BAGI SISWA DI SLB-B YPPALB KOTA MAGELANG

Wahyuningtyas, Dina Suci (2020) ANALISIS PERAN GURU KELAS DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN BAGI SISWA DI SLB-B YPPALB KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0061_ BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - dina suci wahyuningtyas.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0061_ BAB IV - dina suci wahyuningtyas (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0061_ LAMPIRAN - dina suci wahyuningtyas.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0061_ FULL TEXT - dina suci wahyuningtyas.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0061_ PERNYATAAN PUBLIKASI - dina suci wahyuningtyas.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview

Abstract

Dalam agama Islam, penanaman nilai-nilai agama merupakan hal yang sangat penting dan untuk semua anak muslim baik anak berkebutuhan umum maupun anak berkebutuhan khusus (ABK). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peran guru kelas dalam penanaman nilai keagamaan siswa berkebutuhan khusus serta faktor pendukung dan penghambatnya. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang termasuk penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1)wawancara, (2)observasi, (3)dokumentasi. Proses analisis data dilakukan mulai dari pemilihan dan pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan pengecekan keabsahan data. Pengecekan data peneliti menggunakan metode perpanjangan pengamatan serta triangulasi data. Hasil penelitian ini ini menunjukan bahwa: 1) proses pelaksanaan penanaman nilai-nilai keagamaan dilakukan dengan melakukan pendekatan, pembiasaan, pengamatan, pengawasan, memberi nasihat dan praktek serta menyesuaikan tingkat usia, kemampuan dan karakteristik siswa; peran wali kelas disini adalah sebagai manajer dan motivator dengan usaha mempertahankan fokus dan perhatian siswwa sebelum pembelajaran, sebagai orangtua kedua bagi siswa di sekolah dengan mengawasi, membimbing dan menasehati siswa serta meningkatkan ketaqwaan dan memperbaiki budi pekerti dan kepribadian siswa; 2) faktor pendukungnya adalah anak-anak selalu merasa senang dan antusias dalam mempelajari hal keagamaan baik dikelas maupun luar kelas, peserta didik dapat mengakses pembelajaran agama islam dengan menggunakan bahasa isyarat dengan bantuan dan pengajaran dari guru PAI. Adapun faktor penghambatnya adalah guru sulit untuk menjawab pertanyaan dan menjelaskan hal-hal yang bersifat abstrak kepada peserta didik serta kurangnya terapan lanjutan atau praktik di rumah oleh beberapa orangtua peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Mujahidun, M.Pd dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:25
Last Modified: 18 Oct 2021 07:25
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2688

Actions (login required)

View Item View Item