Zulaikhah, Dwi (2020) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAH{FIZ{ AL-QUR’AN DENGAN METODE TALAQQI DI MTS MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0012_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0012_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (936kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0012_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0012_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0012_PERNYATAAN_PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (234kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Pelaksanaan pembelajaran tahfiz Al-Qur’an dengan metode talaqqi di MTs Muhammadiyah 1 Muntilan 2) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tahfiz Al-Qur’an dengan metode talaqqi di MTs Muhammadiyah 1 Muntilan.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi.Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrument utama dalam melakukan penelitian yang dibantu dengan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Trianggulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan berbagai sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Implementasi metode talaqqi dalam pembelajaran tah{fiz{ul Qur‘an di MTs Muhammadiyah 1 Muntilan, terdiri dari Lima tahap pembelajaran, yaitu tahap persiapan pembelajaran,tahap muroja’ah hafalan lama, tahap kegiatan pembelajaran dan tahap evaluasi. Tahap pertama persiapan pembelajaran yaitu dengan menyiapkan materi hafalan yang akan dihafalkan. Selain itu menyiapkan sarana prasarana yang dibutuhkan, mengkondisikan siswa untuk shalat dhuha berjama’ah, membimbing siswa untuk berdoa sebelum proses pembelajaran berlangsung. Tahap kedua yaitu muroja’ah hafalan lama secara klasikal dan disimak langsung oleh Ustadz. Tahap ketiga kegiatan pembelajaran yaitu mentalaqqikan / tahsin terlebih dahulu sebelum menyetorkan hafalan dan menyetorkan hafalan masing-masing kepada ustadz / ustadzah secara individual. Dan tahap keempat yaitu evaluasi, yang terbagi menjadi dua yaitu evaluasi harian dan per semester. Tahap terakhir yaitu penutupan dengan do’a khotmil Qur’an secara bersama-sama. 2) Ditinjau dari faktor pendukung pembelajaran tah{fiz{ul Qur’an dengan metode talaqqi yaitu kemampuan dan semangat yang tinggi untuk menghafal al-Qur‘an serta dukungan dari orang tua dan guru. Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran tah{fiz{ yaitu rasa capek, bosan pada diri siswa dan kurangnya partisipasi dari orang tua.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Suliswiyadi, M.Ag. dan Akhmad Baihaqi,M.Pd.I. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 07:03 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 07:03 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2677 |
Actions (login required)
View Item |