IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA SLOW LEARNER DI SD MUHAMMADIYAH 2 KOTA MAGELANG

Ahmadi, Fuad Nur (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA SLOW LEARNER DI SD MUHAMMADIYAH 2 KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0112_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0112_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0112_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0112_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0112_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendskripsikan penerapan metode dan konseppembelajaran inklusif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya bagi peserta didik slow learner di SD Muhammadiyah 2 Kota Magelang. SD Muhammadiyah 2 Kota Magelang merupakan salah satu sekolah yang memiliki program inklusi. Berdasarkan hasil asesmen, terdapat 15 peserta didik berkebutuhan khusus, salah satunya yaitu dengan kategori slow learner. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini disebut penelitian deskiptif karena menghasilkan data studi kasus berupa gambaran mengenai konsep dan metode pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran PAI di SD Muhammadiyah 2 Kota Magelang. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Muhammadiyah 2 Kota Magelang menerapkan program inklusif secara terbuka, yaitu dengan menggabunghkan peserta didik reguler dan peserta didik dengan kebutuhan khusus. SD Muhammadiyah 2 Kota Magelang menggunakan tahap assesment, modifikasi kurikulum, dan pengaturan pada sistem evaluasi hasil belajar. Penerapan metode pembelajaran mata pelajaran PAI untuk peserta didik slow learner di SD Muhammadiyah 2 Kota Magelang adalah dengan tanya jawab, ceramah dan diskusi dengan demonstrasi. Metode pembelajaran yang digunakan untuk pendampingan peserta didik slow leaner yaitu dengan pendampingan secara intensif, dan dengan melakukan kegiatan yang mampu menstimulus perkembangan peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag. dan M.Tohirin, S.Ag, M.Ag,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:01
Last Modified: 18 Oct 2021 07:01
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2676

Actions (login required)

View Item View Item