IMPLEMENTASI MODEL PEMBIASAAN DALAM PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI PADA TK IT ISTIQOMAH GREGES TEMBARAK TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

Indaryati, Indaryati (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBIASAAN DALAM PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI PADA TK IT ISTIQOMAH GREGES TEMBARAK TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0105_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (582kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0105_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0105_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0105_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0105_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview

Abstract

Perkembangan nilai-nilai agama dan moral adalah kemampuan bersikap, bertingkahlaku, dan bertindak. Salah satu metode yang dapat mengembangkan perkembangan nilai agama dan moral adalah metode pembiasaan. Pembiasaan adalah kegiatan yang dilakukan secara terus menerus sehingga menjadi kebiasaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembiasaan dalam mengembangkan nilai agama dan moral di TK IT Tembarak Temanggung.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengembangkan perkembangan nilai agama dan moral anak melalui implementasi metode pembiasaan di TK IT Tembarak Temanggung adalah sebagai berikut: pengembangan nilai-nilai agama dan moral anak di TK IT Istiqomah Greges Tembarak Temanggung dilaksanakan dengan menggunakan metode pembiasaan, antara lain pembiasaan rutin, pembiasaan spontan, pembiasaan keteladanan dan pembiasaan terprogram. Pembiasaan yang dilakukan oleh guru dalam bentuk perilaku sehari-hari seperti rutin memandu kegiatan berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan, spontan sopan dalam bertutur kata, keteladanan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta kegiatan terprogram menghafal surat-surat dan hadis-hadis pendek. Selain itu, kegiatan pembiasaan dilaksanakan dengan mengenalkan kitab suci agama yang di anut, melaksanakan ibadah, serta mempraktikkan perilaku mulia seperti jujur, suka menolong, dan menghormati orang lain. Hal ini menunjukkan bahwa keempat bentuk pembiasaan dapat diterapkan pada anak usia dini dalam mengembangkan nilai-nilai agama dan moral.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Bapak Dr. Suliswiyadi M.Ag dan Irham Nugroho M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:59
Last Modified: 18 Oct 2021 06:59
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2675

Actions (login required)

View Item View Item