UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN SHALAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PARTISIPATIF PADA SISWA KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH NGLUWAR

Khusniah, Ririn Rinawati (2020) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN SHALAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PARTISIPATIF PADA SISWA KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH NGLUWAR. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0110_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0110_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0110_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0110_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0110_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (631kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang terjadi pada pembelajaran materi shalat di kelas I SD Muhammadiyah Ngluwar sebelum dan sesudah diterapkan metode demonstrasi partisipatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada waktu proses pembelajaaran sedang berlangsung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Muhammadiyah Ngluwar tahun pelajaran 2019-2020 yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode demonstrasi partisipatif dapat meningkatkan keterampilan shalat siswa kelas 1 di SD Muhammadiyah Ngluwar. Ada beberapa langkah-langkah yang diperlukan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi partisipatif keterampilan shalat siswa kelas 1 SD Muhammadiyah meningkat. Hal ini bisa dilihat dari hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dari pra siklus yang ditunjukkan dengan siswa yang benar semua gerakan dan bacaan shalatnya baru 5 siswa, salah sebagian gerakan dan bacaan 5 siswa, salah semua gerakan dan bacaan 11 siswa dengan ketuntasan baru mencapai 23,81%. Untuk siklus I benar semua gerakan dan bacaan 11 siswa, salah sebagian gerakan dan bacaan 5 siswa, salah semua gerakan dan bacaan 5 siswa, ketuntasan baru mencapai 52,38%, dan peningkatan yang cukup di siklus II yaitu benar semua gerakan dan bacaan 13 siswa, salah sebagian gerakan dan bacaan 8 siswa, salah semua gerakan dan bacaan 0 dengan ketuntasan belajar mencapai 100%, sehingga tercapai kriteria ketuntasan maksimal (KKM). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi partisipatif dapat meningkatkan keterampilan shalat siswa kelas 1 SDMuhammadiyah Ngluwar.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd. dan Irham Nugroho, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:55
Last Modified: 18 Oct 2021 06:55
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2672

Actions (login required)

View Item View Item