Fauzi, Muhammad (2020) KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU RELIGIUSITAS SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH DI KABUPATEN MAGELANG Oleh. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
17.0406.0012_BABI_BABII_BABIII_BABV_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (434kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
17.0406.0012_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (780kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0406.0012_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0406.0012_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
17.0406.0012_Pernyataan Publikasi.pdf - Published Version Download (386kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Religiusitas Siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif.Pengumpulan data penelitian dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian di 14 SMK Muhammadiyah di Kabupaten Magelang. Waktu penelitian pada bulan Desember 2019 sampai dengan Januari 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebijakan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dalam upaya meningkatkan religiusitas peserta didik di SMK Muhammadiyah Kabupaten Magelang yaitu dengan cara sebagai berikut : pertama memilih seorang wakil kepala sekolah yang dirasa mampu baik itu dari segi keilmuan maupun pengamalannya. Kedua menentukan target yang harus dicapai. Ketiga menentukan kurikulum yang akan digunakan, karena kurikulum merupakan cara yang harus ditempuh guna mencapai tujuan dalam pembelajaran. Keempat mempersiapkan fasilitas yang dibutuhkan. Kelima menentukan alat evaluasi yang akan dipergunakan guna mengukur keberhasilan dalam meningkatkan religiusita speserta didik.(2) Faktor yang menjadi pendukung keberhasilan kepala sekolah dalam menerapkan kebijakan dalam upaya meningkatkan religiusitas peserta didik diantaranya adalah Pertama faktor internal yaitu kebutuhan manusia terhadap agama, adanya dorongan dalam diri manusia untuk taat, patuh dan mengabdi kepada Allah SWT. Kedua Faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. (3) Faktor yang menjadi penghambat keberhasilan kepala sekolah dalam menerapkan kebijakan dalam upaya meningkatkan religiusitas peserta didik diantaranya adalah Pertama faktor internal yaitu Temperamen, Gangguan jiwa, Jauh dari Tuhan, dan Kurangnya kesadaran pada diri peserta didik. Kedua Faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, dan sarana prasarana.
Item Type: | Karya Ilmiah (Masters) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imam Mawardi, M.Ag. dan Dr. Imron MA |
Uncontrolled Keywords: | Kebijakan,Kepala sekolah, Religiusitas, Kinerja |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 06:50 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 06:50 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2670 |
Actions (login required)
View Item |