Supriyanto, Supriyanto (2020) PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA SISWA MI AL IMAN MRANGGEN MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0401.0014-BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0401.0014-BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (476kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0401.0014_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0401.0014-FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0401.0014_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (179kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter religius merupakan upaya mewujudkan generasi bangsa yang berilmu pengetahuan, berakhlakul karimah dan berkepribadian Indonesia. Keberhasilan pendidikan karakter mengisyaratkan pembelajaran tidak hanya dilihat dari ranah kognitif saja melainkan bagaimana keseimbangan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor yang muaranya adalah mewujudkan manusia seutuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter religius melalui pembelajaran daring dimasa pandemi Covid 19 pada siswa MI Al Iman Mranggen Kajoran Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan penulis yaitu dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di MI Al Iman Mranggen Kajoran melalui pembelajaran daring dimasa pandemi berpedoman pada kurikulum 2013 yang mencantumkan nilai-nilai karakter disetiap penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP digunakan guru sebagai panduan dalam melaksanakan pembelajaran yang memuat nilai-nilai karakter yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan pendidikan karakter pada pembelajaran daring ini menggunakan media whatsapp. Pendidikan karakter berjalan baik terlihat dari indikator sikap siswa saat pembelajaran. Peran aktif orang tua sangat dibutuhkan karena siswa belajar dari rumah. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan pendidikan karakter diantaranya faktor dari dalam diri (internal) dan faktor dari luar (eksternal) yaitu lingkungan meliputi :lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Ahwy Oktradiksa, M.Pd.I. dan Norma Dewi Shalikhah, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 06:47 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 06:47 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2668 |
Actions (login required)
View Item |