PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA SISWA MI AL IMAN MRANGGEN MAGELANG

Supriyanto, Supriyanto (2020) PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA SISWA MI AL IMAN MRANGGEN MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0014-BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0014-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0014_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0014-FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0014_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter religius merupakan upaya mewujudkan generasi bangsa yang berilmu pengetahuan, berakhlakul karimah dan berkepribadian Indonesia. Keberhasilan pendidikan karakter mengisyaratkan pembelajaran tidak hanya dilihat dari ranah kognitif saja melainkan bagaimana keseimbangan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor yang muaranya adalah mewujudkan manusia seutuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter religius melalui pembelajaran daring dimasa pandemi Covid 19 pada siswa MI Al Iman Mranggen Kajoran Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan penulis yaitu dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di MI Al Iman Mranggen Kajoran melalui pembelajaran daring dimasa pandemi berpedoman pada kurikulum 2013 yang mencantumkan nilai-nilai karakter disetiap penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP digunakan guru sebagai panduan dalam melaksanakan pembelajaran yang memuat nilai-nilai karakter yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan pendidikan karakter pada pembelajaran daring ini menggunakan media whatsapp. Pendidikan karakter berjalan baik terlihat dari indikator sikap siswa saat pembelajaran. Peran aktif orang tua sangat dibutuhkan karena siswa belajar dari rumah. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan pendidikan karakter diantaranya faktor dari dalam diri (internal) dan faktor dari luar (eksternal) yaitu lingkungan meliputi :lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Ahwy Oktradiksa, M.Pd.I. dan Norma Dewi Shalikhah, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:47
Last Modified: 18 Oct 2021 06:47
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2668

Actions (login required)

View Item View Item