HUBUNGAN RELIGIUSITAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs MUHAMMADIYAH SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH HALAMAN

Fuady, Hasan (2021) HUBUNGAN RELIGIUSITAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs MUHAMMADIYAH SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH HALAMAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
19.0401.0090_BAB I_II_III_IV_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (989kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0090_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (917kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0090_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0090_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
19.0401.0090_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview

Abstract

Religiusitas dan motivasi belajar siswa mempunyai hubungan yang positif dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Dengan hubungan yang semakin ditingkatkan antara religiusitas dan motivasi belajar siswa maka akan memberikan dampak semakin positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan mengetahui besarnya hubungan variabel religiusitas dan motivasi belajar siswa secara sendiri-sendiri dan bersama-sama terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di MTs Muhammadiyah Srumbung Kabupaten Magelang Propinsi Jawa Tengah. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah para siswa di MTs Muhammadiyah Srumbung yang berjumlah 127 orang dengan sampel sebanyak 64 orang yang dipilih berdasarkan teknik proporsional stratified random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner, dengan jawaban berskala 1-5, terdiri atas 45 butir. Validitas instrumen meliputi validitas logis (experts judgment) dan validitas empiris yang dihitung dengan pearson product moment correlation. Reliabilitasnya dihitung dengan teknik alfa cronbach. Analisis data menggunakan teknik regresi linier ganda untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian membuktikan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan dari religiusitas terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam sebesar 50%, (2) terdapat hubungan yang signifikan dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam sebesar 25%; (3) terdapat hubungan yang signifikan dari religiusitas dan motivasi belajar siswa secara bersama terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam sebesar 65%. Hal ini berarti jika religiusitas dan motivasi belajar siswa ditingkatkan kualitasnya, maka akan berkontribusi positif terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di MTs Muhammadiyah Srumbung.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Muis Sad Iman, M.Ag dan Afga Sidiq Rifai, M.Pd.I,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 06 Oct 2021 05:53
Last Modified: 06 Oct 2021 05:53
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2660

Actions (login required)

View Item View Item