Arifin, Nur (2019) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDALAMAN KITAB SUCI (PKS) DENGAN METODE RASYIDAH (Penelitian Tindakan Kelas di SDIT Istiqomah Greges Tembarak Temanggung ). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0007 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0401.0007 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0401.0007 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0401.0007 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0007 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Metode Rasyidah adalah suatu metode yang digunakan untuk
mempermudah membaca Al-Qur‟an baik untuk pemula maupun yang sudah bisa
membaca Al-Qur‟an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran
metode Rasyidah mampu meningkatkan prestasi belajar pendalaman kitab suci
pada siswa SDIT Istiqomah Greges Tembarak Temanggung.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi dari
PTK adalah seluruh siswa SDIT Istiqomah Greges Tembarak Temanggung yang
berjumlah 204 siswa. Sampelnya adalah siswa kelas V SDIT Istiqomah Greges
Tembarak Temanggung yang berjumalah 27 siswa. Pengolahan hasil penelitian ini
dianalisis mengunakan metode statistik presentase perubahan.
Hasil penelitian menunjukkan bahawa perubahan nilai rata-rata setelah
diterapkan metode Rasyidah adalah 21,46% dan peningkatan siswa yang
memperoleh KKM pada siklus I 57% dan pada silkus II terjadi peningkatan
menjadi 78%. Artinya terbukti bahwa metode rasyidah dapat meningkatkan
prestasi belajar pendalaman kita suci pada siswa kelas V SDIT Istiqomah Greges
Temabarak Temanggung. Hal ini berarti hipotesis yang menyatakan bahwa
metode Rasyidah efektif dalam meningkatkan prestasi belajar pendalaman kitab
suci pada siswa kelas V SDIT Istiqomah Greges Tembarak Temanggung diterima.
Dimana siswa menjadi lebih semangat, tidak merasa bosan dan juga dapat
menerima materi pembelajaran lebih cepat, sehingga siswa menjadi lebih mudah
dalam mempelajari Pendalaman Kitab Suci.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan Muhammad Thohirin, M.Ag (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Metode Rasyidah, Prestasi Belajar, Pendalaman Kitab Suci
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 10 May 2019 03:48
Last Modified: 10 May 2019 03:48
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/266

Actions (login required)

View Item View Item