PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDALAMAN KITAB SUCI (PKS) DENGAN METODE RASYIDAH (Penelitian Tindakan Kelas di SDIT Istiqomah Greges Tembarak Temanggung )

Arifin, Nur (2019) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDALAMAN KITAB SUCI (PKS) DENGAN METODE RASYIDAH (Penelitian Tindakan Kelas di SDIT Istiqomah Greges Tembarak Temanggung ). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0007 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0007 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0007 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0007 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0007 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Metode Rasyidah adalah suatu metode yang digunakan untuk mempermudah membaca Al-Qur‟an baik untuk pemula maupun yang sudah bisa membaca Al-Qur‟an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran metode Rasyidah mampu meningkatkan prestasi belajar pendalaman kitab suci pada siswa SDIT Istiqomah Greges Tembarak Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi dari PTK adalah seluruh siswa SDIT Istiqomah Greges Tembarak Temanggung yang berjumlah 204 siswa. Sampelnya adalah siswa kelas V SDIT Istiqomah Greges Tembarak Temanggung yang berjumalah 27 siswa. Pengolahan hasil penelitian ini dianalisis mengunakan metode statistik presentase perubahan. Hasil penelitian menunjukkan bahawa perubahan nilai rata-rata setelah diterapkan metode Rasyidah adalah 21,46% dan peningkatan siswa yang memperoleh KKM pada siklus I 57% dan pada silkus II terjadi peningkatan menjadi 78%. Artinya terbukti bahwa metode rasyidah dapat meningkatkan prestasi belajar pendalaman kita suci pada siswa kelas V SDIT Istiqomah Greges Temabarak Temanggung. Hal ini berarti hipotesis yang menyatakan bahwa metode Rasyidah efektif dalam meningkatkan prestasi belajar pendalaman kitab suci pada siswa kelas V SDIT Istiqomah Greges Tembarak Temanggung diterima. Dimana siswa menjadi lebih semangat, tidak merasa bosan dan juga dapat menerima materi pembelajaran lebih cepat, sehingga siswa menjadi lebih mudah dalam mempelajari Pendalaman Kitab Suci.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan Muhammad Thohirin, M.Ag (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Metode Rasyidah, Prestasi Belajar, Pendalaman Kitab Suci
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 10 May 2019 03:48
Last Modified: 10 May 2019 03:48
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/266

Actions (login required)

View Item View Item