Dina, Fauza Arsya (2021) PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP COPING STRESS REMAJA DALAM BELAJAR PAI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DUSUN CLAPAR NGAWEN KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0061_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (856kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0061_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0061_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0061_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0061_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (417kB) | Preview |
Abstract
Sistem pendidikan di Indonesia kini sedang mengalami perubahan akibat adanya pandemi covid-19 yang mengakibatkan metode pembelajarannya berubah. Sebelum adanya pandemi ini proses pembelajaran berlangsung secara tatap muka, sedangkan setelah adanya pandemi ini pembelajaran di Indonesia berubah menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring). Keadaan ini tentu saja sangat berpengaruh dalam perkembangan proses belajar anak terutama dalam belajar pendidikan agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Strategi orang tua dalam memotivasi anak sebagai bantuan coping stress saat belajar, (2) Cara anak remaja menerapkan coping stress dalam belajar PAI selama pandemi, (3) Pengaruh motivasi orang tua terhadap coping stress remaja. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa 119 anak dengan 3 jenjang pendidikan. Adapun pengambilan sampel berjumlah 38 anak dengan kategori jenjang pendidikan SMP dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data statistik dapat diketahui : (1) Strategi orang tua dalam memotivasi anak di Dusun Clapar Ngawen menunjukkan bahwa orang tua ikut berpartisipasi dalam belajar anak ketika sekolah di rumah dengan dalam jaringan (daring). Dengan ditunjukkannya (50%) masuk dalam kategori baik dan (32%) masuk dalam kategori sangat baik. (2) Remaja SMP di Dusun Clapar Ngawen menerapkan coping stress dengan berorientasi pada permasalahan (problem-focused coping) karena merasa bahwa mereka bisa menyelesaikan masalah dengan adaptif dan efektif. Dengan ditunjukkannya (62%) masuk dalam kategori baik dan (28%) masuk dalam kategori sangat baik. (3) Variabel X (motivasi orang tua) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y (coping stress remaja), hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan pada hasil olah data penelitian ini, didapatkan persamaan regresi Y= 16,433 + 0,470X. kemudian hasil dari pengujian, didapati determinasi sebesar 0,608 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (motivasi orang tua) terhadap variabel terikat (coping stress remaja) adalah sebesar 60,8% sedangkan sisanya 59,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Muis Sad Iman, M.Ag dan Afga Sidiq Rifai, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 05:51 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 05:51 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2657 |
Actions (login required)
View Item |