Sholikhah, Risa Aprilia Mar’atun (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU PAK A.R DAN JEJAK-JEJAK BIJAKNYA KARYA HAIDAR MUSYAFA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0026_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (380kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0026_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (578kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0026_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0026_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0026_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (298kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan sekarang ini kurang memperhatikan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter. Pendidikan lebih cenderung mementingkan intelektual daripada sikap yang baik. Pendidikan yang semestinya dapat menanamkan nilai-nilai kejujuran, religius, dan nilai-nilai pendidikan lainnya belum sepenuhnya berhasil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku Pak A.R dan Jejak-Jejak Bijaknya karya Haidar Musyafa. Penelitian ini menggunakan penelitian kajian pustaka (library research), yaitu penelitian yang berusaha menghimpun informasi dan data secara mendalam melalui berbagai literatur dan menjadikan buku Pak A.R dan Jejak-Jejak Bijaknya sebagai objek utama. Menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara dengan penulis sebagai teknik pengumpulan data dan teknik analisis data dengan menggunakan analisis isi (content analysis) yaitu analisis ilmiah tentang isi pesan atau komunikasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat 18 nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku Pak A.R dan Jejak-Jejak Bijaknya karya Haidar Musyafa yang terbagi menjadi empat kriteria. Pertama, nilai pendidikan karakter antara manusia dengan Tuhan yang meliputi nilai; taqwa, mentauhidkan Allah dan bersyukur yang dikategorikan menjadi nilai pendidikan karakter religius. Kedua, nilai pendidikan karakter antara manusia dengan dirinnya sendiri yang mencangkup nilai: disiplin, mandiri, kreatif, kerja keras, tanggung jawab, gemar membaca dan rasa ingin tahu. Ketiga, nilai pendidikan karakter antara manusia dengan masyarakat, yang mencangkup nilai jujur, peduli sosial, demokratis, semangat kebangsaan, toleransi, komunikatif, cinta damai, cinta tanah air. Keempat nilai pendidikan karakter antara manusia dengan lingkungan yaitu peduli lingkungan.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Muis Sad Iman, M.Ag dan Afga Sidiq Rifai, M.Pd |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 05:40 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 05:40 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2654 |
Actions (login required)
View Item |