Shaadiqin, Shaadiqin (2021) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACAAN AL-QUR’AN SISWA SD ISLAM TERPADU IHSANUL FIKRI 1 KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0016_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (208kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0016_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0016_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0016_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0016_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (395kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan al-Qur’an metode Ummi di SD Islam Terpadu Ihsanul Fikri 1 Kota Magelang yang dihadapkan pada zaman yang lebih berat dimana sekarang ini semua system pengajaran baik pelajaran sekolah maupun pendidikan al-Qur’an dilaksanakan dengan system daring / online akibat pandemi covid-19. Sehingga banyak kendala-kendala yang mempengaruhi keberhasilan pengajaran guru khususnya pengajaran al-Qur’an sesuai kurikulum metode Ummi. Tujuan dilakukannya penetilian ini diantarannya yaitu: (1) Untuk mengetahui gambaran implementasi metode Ummi dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an metode Ummi peserta didik di SDIT Ihsanul Fikri 1 Kota Magelang selama masa pandemi covid 19 supaya tercapai dengan maksimal. (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung selama proses penerapan metode Ummi pada masa pandemi covid 19 di SDIT Ihsanul Fikri 1 Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi siswa-siswi di SDIT Ihsanul Fikri 1 Kota Magelang kelas 1-6. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di SDIT Ihsanul Fikri 1 Kota Magelang selama masa pandemi covid 19 di lakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom dan whatsapp. Hasil yang diperoleh adalah kemampuan membaca al-Qur’an metode Ummi siswa SD IT Ihsanul Fikri 1 Kota Magelang selama masa pandemi covid 19 tetap mengalami peningkatan. Faktor penghambat selama proses penerapan metode Ummi pada masa pandemi covid 19 di SDIT Ihsanul Fikri 1 Kota Magelang yaitu antara lain: karakter guru dalam mengajar yang bermacam-macam, dilakukan secara daring, sinyal internet kurang lancar, dan tidak adanya tatap muka. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu antara lain: semua pengajar telah mendapat sertifikat Ummi, administrasi guru yang lengkap dan rapi, fasilitas pembelajaran yang lengkap.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M.Pd dan Istania Widayati, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Metode Ummi, Pembelajaran Al-Qur’an |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 04:47 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 04:47 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2652 |
Actions (login required)
View Item |