STUDI KOMPARASI METODE IQRO’ DAN METODE UMMI DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN DI RUMAH BELAJAR AL FATIH

Afwillah, Afwillah (2021) STUDI KOMPARASI METODE IQRO’ DAN METODE UMMI DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN DI RUMAH BELAJAR AL FATIH. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0013_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (737kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0013_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0013_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0013_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0013_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan metode iqro’ dan metode ummi dalam meningkatan pembelajaran Al Qur’an. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD/MI di Rumah Belajar Al-Fatih yang berjumlah 30 siswa. Adapun pengambilan sampel berjumlah 30 orang dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan pre-eksperimen dengan model intact-group comparison pre test-post test. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes penilaian yang terdiri dari segi tajwid , makhorijul huruf dan kelancaran membaca Al Qur’an. Uji validitas instrumen tes soal pre test dan post test kelancaraan membaca Al Qur’an. Reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan softwere IBM SPSS versi 26 for windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Sample T-Test dengan bantuan softwere IBM SPSS versi 26 for windows. Hasil penelitian menujukan bawah pembelajaran aktif dengan kelancaran membaca Al Qur’an. Hal ini dibuktikan dari hasil anlisis uji T-Test pada kelas yang diberi treatment dengan probabilitas nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat perbedaan skor rata-rata metode iqro’ 73,6 sedangkan rata-rata metode ummi 72. hasil tes pre test dan post test kelancaran membaca Al Qur’an. Ke dua metode sama-sama mengalami kenaikan presentasi yaitu metode iqro 10,7% sedangkam kenaiakan metode ummi 7,2. Dari kedua metode memiliki selisih rata-rata 3,5%. Dari hasil uji Paired Sample T-Test Selisih rerata hasil dari metode iqro -2.357 dan metode ummi -2.848. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima “ adanya perbedaan kemampuan membaca Al Qur’an menggunakan metode iqro’ dan metode ummi. Maka dapat disimpulkan metode iqro’ lebih efektif digunakan daripada metode ummi, karena metode iqro’ lebih praktis, mudah dan bisa diajarkan oleh semua orang sedangkan metode ummi, dari segi tajwid baik, makhorijul huruf baik, tetapi hanya bisa diajarkan oleh ustadz yang sudah memiliki sertifikat.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: M Tohirin, M.Ag dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:42
Last Modified: 06 Oct 2021 04:42
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2646

Actions (login required)

View Item View Item