Setiawan, Aris (2021) KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGINTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SLTA SE KECAMATAN MUNTILAN. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
19.0406.0003_BAB I, BAB II, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
19.0406.0003_BAB IV - Aris Setiawan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
19.0406.0003_LAMPIRAN - Aris Setiawan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
19.0406.0003_FULLTEKS - Aris Setiawan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
19.0406.0003_repositori Aris - Aris Setiawan.pdf - Published Version Download (305kB) | Preview |
Abstract
Dampak negatif kebijakan pemerintah dalam pemberlakuan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid 19. Adapun pihak yang paling terkena dampak tersebut adalah peserta didik. Salah satunya indikasinya adalah peserta didik kurang mendapatkan bimbingan moral khususnya dalam internalisasi nilai-nilai Islam. Ironisnya tidak semua kepala sekolah menyadarinya. Hal ini ditengarai karena perbedaan orientasi kebijakan kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan kepala sekolah dalam menginternalisasi nilai-nilai Islam pada Masa Pandemi Covid 19 Di SLTA se Kecamatan Muntilan dengan sub tema yang mencakup kegiatan pembelajaran di masa Pandemi Covid 19, dan Implementasi nilai-nilai Islam di SLTA se kecamatan Muntilan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan pendekatan diskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data meliputi reduksi data, desplay data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara keikutsertaan peneliti, teknik triagulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode serta ketekunan pengamatan. Informan peneliti yakni kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: sebagian kepala sekolah SLTA di Kecamatan Muntilan menerapkan kebijakan dalam menginternalisasi nilai-nilai Islam, adapun kepala sekolah yang menerapkan kebijakan menginternalisasi nilai-nilai Islam berupa kebijakan dalam bentuk program, kebijakan dalam bentuk kerja sama dengan phika luar serta membentuk tim khusus. Kegiatan pembelajran selama Pandemi dilaksanakan secara daring (online) dan offline dengan protokol kesehatan yang ketat. Adapun implementasi nilai-nilai Islam berbentuk pemberian nasehat, keteladanaan, motivasi dan pengembangan diri.
Item Type: | Karya Ilmiah (Masters) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imron, MA dan Dr. Imam Mawardi, M.Ag. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 04:30 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 05:48 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2634 |
Actions (login required)
View Item |