Haryanto, Ahmad (2021) MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA MUTU DI SD MUTUAL 1 DAN SD MUTUAL 2 KOTA MAGELANG. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
COVER, BAB I, II, III, V, DAFTARPUSTAKA - ahmad haryanto.pdf - Published Version Download (569kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
COVER DAN BAB IV - ahmad haryanto.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
COVER DAN LAMPIRAN - ahmad haryanto.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
Tesis Fulltext pdf revisi.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
REPOSITORI - ahmad haryanto.pdf - Published Version Download (151kB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan SD Mutual 1 Kota Magelang terlihat dari animo masyarakat dalam menitipkan putra-putrinya untuk disekolahkan disana, selain itu prestasi demi prestasi selalu muncul tiap tahunya baik akademik maupun non akademik. Begitu pula tidak jauh dari SD Mutual 2 Kota Magelang pun mempunyai animo yang besar dari masayarakat. Hal ini juga bisa dikatakan karena prestasi yang diperolehnya. Belum genap 6 tahun usia SD Ini tetapi sudah banyak prestasi yang diraih. Hal ini tentunya tidak lepas dari budaya mutu yang diterapkan oleh kedua SD tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya mutu, strategi kepala sekolah dalam mengembangkan budaya mutu serta model kepala sekolah dalam mengembangkan budaya mutu di SD Mutual 1 dan SD Mutual 2 Kota Magelang. Penelitian disusun dengan pendekatan kualitatif deskriptif di SD Mutual 1 dan SD Mutual 2 Kota Magelang. Data penelitian dijaring melalui wawancara mendalam. Informan dipilih secara purposive, dan kecukupan data digunakan teknik snowball sampling. Informan penelitian mencakup kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan karyawan. Hasil analisis data menunjukkan kedua sekolah telah menerapkan budaya mutu serta strategi masing masing untuk mencapai kualitas yang dikuatkan oleh model kepemimpinan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua sekolah telah menerapkan budaya mutu yang sama. Yaitu Sekolah berfokus pada pelanggan, baik pelanggan internal, maupun eksternal, Fokus terhadap upaya mencegah masalah, Sekolah Memiliki investasi sumber daya manusia yang terus dijaga, Sekolah memiliki strategi dan mendorong kreatifitas untuk mencapai kualitas. Kedua kepala sekolah juga mempunyai strategi untuk mengembangkan budaya mutu dengan melakukan peran sebagai Manajer, Pemimpin, supervisor, administrator, Pendidik, inovator, motivator. Sementara model kepemimpinan yang dilakukan oleh kedua sekolah adalah model kepemimpinan demokratis. Hal ini mengandung implikasi bahwa kepala sekolah harus dapat membuat kebijakan dan strategi yang efektif dan bisa diterapkan di setiap komponen sekolah sehingga sekolah akan bermutu, disamping itu model kepala sekolah dalam menyampaikan kebijakan dan strategi hendaknya yang bisa diterima segala lini atau bidang. Dengan seperti itu maka diharapkan sekolah akan terbiasa dengan budaya mutu. Budaya mutu yang baik diharpakan akan membawa sekolah yang berkualitas
Item Type: | Karya Ilmiah (Masters) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan Dr. Imron, MA |
Uncontrolled Keywords: | Budaya Mutu, Strategi Kepala Sekolah, Model Kepala Sekolah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 05:46 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2629 |
Actions (login required)
View Item |