ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA SD: NARRATIVE REVIEW

Kurniawati, Eni (2021) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA SD: NARRATIVE REVIEW. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0405.0010_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
17.0405.0010_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0405.0010_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0405.0010_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0405.0010_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dalam proses pendidikan dapat mengembangkan sikap, mampu memperoleh pengetahuan serta mampu menyelesaikan masalah atau persoalan sehingga peserta didik memiliki kemampuan untuk bersaing secara global. Untuk memiliki kemampuan berpikir kritis perlu dilatih sejak dini tentunya dengan bantuan model pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk memecahkan suatu masalah dalam pembelajan, salah satunya yaitu dengan model pembelajaran discovery learning. Pada tingkat sekolah dasar, model pembelajaran discovery learning jarang digunakan dan masih menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga tingkat berpikir kritis dan hasil belajar siswa masih rendah. Hal itu menjadi penting untuk dikaji lebih lanjut bagaimana kontribusi model Pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kontibusi model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan narrative review, sumber data yang digunakan dengan data sekunder, dan pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis sekolah dasar dari gain terendah yaitu 13,6% sampai gain tertinggi yaitu 80,8% dengan rata-rata 61,5%. Begitu pula dalam peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar dari hasil analsis menunjukkan peningkatan dari gain terendah 62,4% sampai gain tertinggi 82,4% dengan rata-rata 76,7%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Ahwy Oktradiksa, S.Pd.I., M.Pd.I dan Norma Dewi Shalikhah, S.Pd.I., M.Pd.I
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:25
Last Modified: 06 Oct 2021 04:25
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2624

Actions (login required)

View Item View Item