Susanti, Diah Erna (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MI MUHAMMADIYAH TERPADU HARAPAN KOTA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
17.0405.0004_BAB I_II_III_IV_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (310kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
17.0405.0004_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0405.0004_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0405.0004_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
17.0405.0004_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (251kB) | Preview |
Abstract
Sistem pendidikan di Indonesia sejak bulan Maret 2020 hingga saat ini melaksanakan pembelajaran dalam jaringan sesuai dengan anjuran pemerintah untuk mengatasi adanya pandemi Corona Virus Diseas-19 (Covid-19). Pembelajaran yang mulanya dilakukan secara langsung di sekolah, kini semuanya dilakukan di rumah. Guru dan peserta didik melaksanakan pembelajaran dengan terpisah jarak. Istilah belajar dari rumah ini disebut Learning From Home (LFH), yaitu dengan pembelajaran daring atau pembelajaran yang dilakukan secara online menggunakan jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring di MI Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang dan mengetahui hambatan serta solusi untuk mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Analisis data hasil penelitian diperoleh dari proses mencari dan menyusun secara sistematis, data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian adalah, 1) Pelaksanaan pembelajaran daring di MI Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang dilakukan secara online menggunakan beberapa aplikasi pendukung, yaitu aplikasi Whatsapp, Google Meet, Google Form, Google Classrom, Quizizz, Zoom, Youtube, dan Kine Master. 2) Hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran daring di kelas 1B MI Muhammadiyah terpadu Harapan Kota Magelang adalah terkendala komunikasi dengan wali murid, pengumpulan tugas yang terlambat, kuota data yang terbatas, kurangnya semangat belajar peserta didik, wali murid kurang peduli dengan pendidikan anaknya, dan adanya keadaan yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara online. 3) Cara mengatasi hambatan yang ada maka guru kelas melakukan pembelajaran menyesuaikan dengan waktu senggang wali murid, mengingatkan peserta didik yang belum mengumpulkan tugas, meminimalisir penggunaan aplikasi yang membutuhkan banyak kuota, memberikan apresiasi kepada wali murid dan peserta didik, selalu berusaha memberikan pelayanan prima kepada wali murid, dan mendampingi kapanpun peserta didik membutuhkan.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Ahwy Oktradiksa, M.Pd.I., dan Norma Dewi Shalikhah M.Pd.I., |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 04:24 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 04:24 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2622 |
Actions (login required)
View Item |