MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi SMA Muhammadiyah Se- Kabupaten Magelang)

Muslim, Muhammad Nursahid (2021) MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi SMA Muhammadiyah Se- Kabupaten Magelang). Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
File 1(NPM_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (562kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
File 2 (NPM_BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
File 3 (NPM_LAMPIRAN).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
File 6 (NPM_FULLTEXT)pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skrpsi)
File 4 (NPM_ PERNYATAAN UNGGAH).pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model kepemimpinan yang digunakan dan manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Muhammadiyah se-Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan informan kunci dan obyek penelitian adalah masalah yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah. Penelitian ini menggunakan tiga tehnik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data adalah daftar pertanyaan wawancara, lembar pencermatan dokumen dan lembar pengamatan observasi. Uji validitas data dengan triangulasi, analisis data bersifat induktif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan pada makna dari pada generalisasi. Penelitian ini tidak dimaksudkan untuk pengujian hipotesis, tetapi lebih menekankan pada pengumpulan data untuk mendeskripsikan keadaan sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kepala Sekolah menerapkan model kepemimpinan demokratikdalam meningkatkan Mutu Pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan kepala sekolah sangat terbuka, menerima saran dan masukan, serta kritik. Kepala sekolah juga selalu mengajak, mendorong dan memotivasi kepada guru dan karyawan untuk selalu berubah dan mengembangkan diri menjadi lebih baik. Selain itu kepala sekolah mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat. Sebelum keputusan diambil kepala sekolah memusyawarahkan dengan tim atau stafnya agar diberi masukan dan saran apabila kurang baik, setelah itu disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah (guru dan karyawan), 2) Kepala Sekolah mempunyai peran yang sangat besar dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kepala sekolah memimpian dalam menyusun rencana, program dan melaksanakan program peningkatan mutu pendidikan di antaranya pengembangan mutu akademis, keislaman dan life skill (kecakapan hidup). 3) Kepala Sekolah berperan besar dalam manajemen strategi pengembangan mutu pendidikan yakni dengan membangun komunkasi efeketif dengan para pemangku kepentingan, itu di lakukan dalam rangka menerima masukan, saran dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Disarankan kepada kepala sekolah agar dapat menerapkan model kepemimpinan secara bervariasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara maksimal.

Item Type: Karya Ilmiah (Masters)
Pembimbing: Dr.Nurodin Usman, Lc, MA dan Dr. Imron, MA
Uncontrolled Keywords: Model Kepemimpinan Kepala Sekolah, Manajemen dan strategi pengembangan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:20
Last Modified: 06 Oct 2021 05:46
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2618

Actions (login required)

View Item View Item