Azizah, Anisa Nur (2021) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK TERPUJI PADA SISWA DI SD NEGERI CONGKRANG 1 KECAMATAN MUNTILAN MELALUI PEMBELAJARAN DARING. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0037_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (404kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0037_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0037_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0037_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0037_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (373kB) | Preview |
Abstract
Guru Pendidikan Agama Islam mempunyai tugas dan kewajiban dalam pembentukan akhlak siswa. Namun, adanya pandemi covid-19 mengakibatkan siswa dan guru tidak diperbolehkan melakukan pembelajaran bertatap muka secara langsung. Akan tetapi, melalui pembelajaran daring. Sehingga, guru tidak bisa memantau sikap siswa secara langsung. Untuk itu, sangat diperlukan adanya upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan akhlak yang baik agar siswa tetap mempunyai akhlak yang mulia. SD Negeri Congkrang 1 merupakan salah satu sekolah dasar milik pemerintah daerah yang berdiri tahun 1963. Pada masa pandemi covid-19, sekolah tersebut menerapkan pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akhlak siswa, upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI), dan faktor yang mempengaruhi pembentukan akhlak terpuji pada siswa saat pembelajaran secara daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam (PAI), walimurid, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Akhlak siswa SD Negeri Congkrang 1 beraneka ragam, sebanyak 70,4 persen siswa sudah mempunyai akhlak yang baik. Namun, sekitar 11,7 persen siswa mempunyai akhlak yang cukup baik dan sekitar 17,9 persen siswa mempunyai akhlak yang belum baik. 2) Guru Pendidikan Agama Islam melakukan upayanya dalam membentuk akhlak terpuji siswa dengan menanamkan nilai agama dan pembinaan keagamaan dengan mengarahkan ibadah shalat dan mengaji, memberi suri teladan, memberi teguran lisan, serta memberi arahan. Dalam melakukan tugasnya, guru PAI menggunakan 3 metode, diantaranya: metode keteladanan, metode pembiasaan dan metode nasihat. 3) Faktor yang dapat mempengaruhi akhlak terpuji siswa diantaranya, sebanyak 27,3 persen siswa dipengaruhi oleh aliran nativisme, sekitar 63,6 persen siswa dipengaruhi oleh aliran empirisme dan 9,1 persen siswa dipengaruhi oleh aliran konvergensi.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imron, S.Ag., MA. dan Subur, S.Pd.I, M.S.I, |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 04:17 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 04:17 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2612 |
Actions (login required)
View Item |