MODEL PENDIDIKAN TEO-EKOLOGI DI PONDOK PESANTREN USHULUDDIN NGADIREJO SALAMAN MAGELANG

Ermayani, Ermayani (2021) MODEL PENDIDIKAN TEO-EKOLOGI DI PONDOK PESANTREN USHULUDDIN NGADIREJO SALAMAN MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0401.0036_BABI_BABII_BABIII_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0036_BABIV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0036_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0036_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0401.0036_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview

Abstract

Manusia sebagai khalifah di bumi yang diberi amanah untuk mengkonservasi lingkungan, justru menjadi aktor utama dan menduduki posisi sentral pada kerusakan lingkungan. Eksploitasi alam secara besar-besaran tanpa diimbangi dengan spiritualitas dan etika ekologi menjadi faktor determinan penyebab kerusakan ekologi. Untuk itu perlu ada pembaharuan pengelolaan lingkungan yang berdasarkan nilai-nilai keillahian (teo-ekologi). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan ekologi di Pondok Pesantren Ushuluddin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pengasuh, pengelola bidang ekologi, lurah pondok, ustadz dan santri di Pondok Pesantren Ushuluddin.Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Konsep teo-ekologi yang berlaku di Pondok Pesantren Ushuluddin yaitu berupaya mengembalikan kesadaran tentang upaya pelestarian lingkungan bagi santri, mewujudkan keseimbangan hubungan manusia dengan Allah, manusia, dan alam semesta. Penerapan pendidikan ekologi di Pondok Pesantren Ushuluddin sangat menjunjung tingga ramah lingkungan (rahmatanlil’alamin). Model pendidikan ekologi di Pondok Pesantren Ushuluddin menggunakan model pendekatan integratif dan monolitik. Pelaksanaan pendidikan ekologi telah direncanakan dengan baik mulai dari penetapan kebijakan, persiapan sarana prasarana hingga tenaga pendidik. Pelaksanaan pendidikan dilakukan secara teori dan praktek. Hasil pelaksanaan pendidikan ditunjukkan dengan sikap santri yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan, 2) Faktor penghambat pelaksanaan pendidikan ekologi terletak pada sumber daya manusia yang kurang mendukung, untuk faktor pendukungnya adalah kebijakan pondok pesantren menerapkan pendidikan berbasis lingkungan hidup dan sumber daya alam yang mendukung serta letak pondok pesantren yang strategis untuk pengembangan pendidikan ekologi.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Mujahidun, M.Pd. dan Afga Sidiq Rifa’i M.Pd.I.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:17
Last Modified: 06 Oct 2021 04:17
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2610

Actions (login required)

View Item View Item