Fauzan, Zahrul Ricky (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 BOROBUDUR. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0029_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA (1) - Fauzan Zahrul.pdf - Published Version Download (609kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0029_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (640kB) | Request a copy |
||
PDF (Skrpsi)
17.0401.0029_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0029_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0029_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (83kB) | Preview |
Abstract
Pemilihan media pembelajaran sangat penting guna membantu proses belajar, terlebih pada masa pandemi Covid- 19 saat ini. Salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk membantu dalam proses belajar yaitu google classroom. Media yang menarik dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa, apabila siswa menilai bahwa apa yang ditampilkan oleh guru itu menarik maka ia akan terdorong untuk mengetahui apa yang akan disampaikan oleh guru, sehingga proses belajar akan lebih menyenangkan. SMK Muhammadiyah 2 Borobudur merupakan sekolah menengah kejuruan yang memanfaatkan media google classroom untuk proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran google classroom terhadap motivasi belajar PAI siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang meneliti tentang pengaruh media pembelajaran google classroom terhadap motivasi belajar PAI siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan angket berupa google form. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan SPSS (Statistic Pockage for Social Science) 20 for windows. Sampel pada penelitian ini ada 85 responden dengan populasi dari siswa SMK Muhammadiyah 2 Borobudur. Pengujian hipotesis dari penelitian ini menggunakan uji f dan uji t. Hasil uji F hitung sebesar 6.060 > F tabel 2,30 dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil uji t diperoleh nilai signifikansi 0,016 kurang dari 0,05, sedangkan berdasarkan perbandingan antara t hitung dengan t tabel, t hitung 2.462 > 1,663. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan media pembelajaran google classroom terhadap motivasi belajar PAI siswa SMK Muhammadiyah 2 Borobudur.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | M. Tohirin, S.Ag, M.Ag. dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 04:15 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 04:15 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2607 |
Actions (login required)
View Item |