Andriany, Fina (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA SDN JURANGOMBO 4 MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0004_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (444kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0004_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (404kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0004_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0004_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0004_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (242kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidak nya pengaruh pembelajaran daring PAI terhadap kedisiplinan siswa di SDN Jurangombo 4 Magelang.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Jurangombo 4 Magelang yang berjumlah 180 siswa, sedangkan sampel yang diambil secara random dan dihitung menggunakan rumus menghasilkan jumlah sampel yaitu 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teknik persentase dan analisis statistik regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan IBM SPSS Statistic 20. Penelitian ini menghasilkan bahwa, pembelajaran daring PAI memiliki pengaruh yang positif terhadap kedisiplinan siswa. Ditunjukkan dengan perolehan mean 42.18 untuk variabel pembelajaran daring yang termasuk ke dalam kategori cukup, dan mean 47.3 untuk variabel kedisiplinan siswa yang termasuk dalam kategori cukup. Hal ini berdasarkan hasil dari nilai korelasi sebesar 0.646, dimana nilai tersebut masuk dalam skala 0.61 – 0.80 yang menunjukkan indikator yang kuat. Dalam uji regresi linier sederhana nilai signifikansi 0.000 < 0.5, maka hasil hipotesis penelitian yaitu Ho ditolak dan Ha diterima yang yang berarti ada pengaruh antara pembelajaran daring PAI dengan kedisiplinan siswa. Dengan demikian ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring PAI terhadap kedisiplinan siswa SDN Jurangombo 4 Magelang dan bersifat positif. Adapun koefisien determinasi diperoleh sebesar 41.8%. Maka dapat diartikan bahwa pengaruh pembelajaran daring PAI terhadap kedisiplinan siswa sebesar 41.8%, sedangkan 58.2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M.Pd dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 04:13 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 04:13 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2605 |
Actions (login required)
View Item |