HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN TEMANGGUNG

Ismailah, Nur (2021) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN TEMANGGUNG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0058_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (683kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0058_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0058_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0058_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0058_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gaya belajar, mengetahui hasil belajar dan mengetahui adakah hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa kelas 11 MIPA 1 dan 2 pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN Temanggung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasinya seluruh siswa kelas 11 yang berjumlah 419 sedangkan sampelnya 15% dari 419 yaitu 62 siswa dari kelas MIPA 1 dan 2. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis datanya menggunakan uji normalitas, persentase perolehan skor, dan uji linieritas. Hasil penelitian ini dari rumusan masalah pertama yaitu gaya belajar siswa kelas 11 MIPA 1 dan 2 pada mata pelajaran akidah akhlak, Gaya Belajar Siswa Kelas XI MIPA 1 dan 2 di MAN Temanggung cenderung menggunakan gaya belajar auditori, ada 25 siswa dari 62 responden, sedangkan gaya belajar visual 23 siswa, dan jumlah siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik berjumlah 14 orang. Rumusan masalah kedua yaitu hasil belajar siswa kelas 11 MIPA 1 dan 2, Hasil belajar yang diambil peneliti yaitu pada ranah kognitif yang lebih menekankan pada pemahaman konsep, seperti kemampuan berpikir termasuk didalamnya kemampuan menghafal, memahami, menganalisis dan kemampuan mengevaluasi. Peneliti mengambil dari nilai rapot siswa mata pelajaran Akidah Akhlak yang menunjukkan bahwa nilai tertinggi yang didapat siswa adalah 91, sedangkan nilai terendahnya adalah 70. Rata-rata sebagaian besar hasil belajar berada pada kisaran nilai 83,60-86,99 sehingga masuk dalam kriteria baik karena berada diantara nilai 75-89. Sedangkan rumusan masalah ketiga tentang hubungan gaya belajar dengan hasil belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN Temanggung menggunakan deviation from linearity dengan SPSS 20, berdasarkan dari uji regresi linier sederhana nilai t hitung 2,877 dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada hubungan yang signifikan variabel gaya belajar (X) terhadap variabel hasil belajar (Y).

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag. dan Istania Widayati Hidayati M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:13
Last Modified: 06 Oct 2021 04:13
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2604

Actions (login required)

View Item View Item