PENGARUH PERMAINAN MEMANCING HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ABJAD ( Penelitian pada Siswa Kelompok A di Taman Kanak –Kanak Islam Terpadu Al –Huda, Seneng, Banyurojo, Mertoyudan, Magelang)

Cahyani, Ratih Putri (2020) PENGARUH PERMAINAN MEMANCING HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ABJAD ( Penelitian pada Siswa Kelompok A di Taman Kanak –Kanak Islam Terpadu Al –Huda, Seneng, Banyurojo, Mertoyudan, Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0304.0032_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (875kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0304.0032_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0304.0032_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0304.0032_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0304.0032_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan memancing huruf terhadap kemampuan mengenal abjad anak pada siswa kelompok A di TK IT Al-Huda Seneng Banyurojo Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design eksperimen dengan jenis The Untreated Control Group Design with Pretest and Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelompok A TK IT Al-Huda Seneng Banyurojo Magelang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Total Sampling yakni total seluruh siswa pada TK IT Al-Huda Seneng Banyurojo Magelang yang seluruh siswa kelompok A ada 28 terdiri dari kelas A1 14 dan kelas A2 14 siswa dengan usia 4-5 Tahun. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dengan membagi instrumen lembar tes yang kemudian diisi oleh siswa. Uji prasarat analisis terdiri dari uji normalitas, dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan model analisis Statistic Parametric One Way Anova SPSS 22.00 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan memancing huruf berpengaruh terhadap kemampuan mengenal abjad. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis One Way Anova pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata mengenal huruf abjad antara kelompok eksperimen sebesar 66,07 dan kelompok kontrol sebesar 50,50. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan memancing huruf berpengaruh terhadap kemampuan mengenal abjad.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Hermahayu, M.Si dan Febru Puji Astuti,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Permainan Memancing Huruf, Abjad
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 10 May 2021 02:04
Last Modified: 10 May 2021 02:25
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2599

Actions (login required)

View Item View Item