Rahmayanti, Vina (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN (Penelitian pada Siswa Kelas V SD di Desa Sidoagung Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0201_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (621kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0201_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (358kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0201_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0201_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0201_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (178kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn melalui penerapan model pembelajaran problem solving pada siswa kelas V SD di Desa Sidoagung Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa pada kelas V SD di Desa Sidoagung Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang 2019/2020. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tes dan observasi. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif presentase yang berupa hasil dari nilai belajar PKn siswa yang disajikan dalam bentuk angka untuk mencari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilaksanakan adalah penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD di Desa Sidoagung Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang, dibuktikan dengan hasil nilai Pra siklus yang didapatkan presentase kelulusan hanya sebesar 35%, presentase ketuntasan meningkat menjadi 50% pada siklus satu dan meningkat menjadi 85% pada siklus dua. Kenaikan presentase kelulusan KKM pada kegiatan penilaian pra siklus hingga evaluasi siklus dua setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem solving yaitu sebesar 50%.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs.Indiati, M.Pd, dan Rasidi M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Problem Solving, Hasil Belajar, PKn |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 03:37 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 03:37 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2535 |
Actions (login required)
View Item |