Sofiana, Nur Mei Laidatul (2019) PENERAPAN METODE ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI MUHAMMADIYAH KLEPU TEMANGGUNG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0405.0018 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (694kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0405.0018 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0405.0018 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0405.0018 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
14.0405.0018 _ SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (333kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar pada matapelajaran IPA menggunakan metode ARCS di MI Muhammadiyah Klepu Temanggung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MI Muhammadiyah Klepu Temanggung yang berjumlah 137 siswa. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 24 siswa di kelas II. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang digunakan untuk mencermati kegiatan belajar sekelompok peserta didik, atau oleh peserta didik di bawah bimbingan dan arahan pendidik/guru, dengan maksud untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas mutu, prestasi dan hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis indikator motivasi belajar. Metode ARCS terhadap motivasi belajar menggunakan bantuan computer program SPSS for windows versi 17.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakan penerapan metode ARCS mata pelajaran IPA siswa kelas II di MI Muhammdiyah Klepu Temanggung, rata-rata persentase motivasi belajar sebesar 46,8%. Hal ini menunjukkan klasifikasi sangat rendah dari persentase motivasi belajar. Setelah diterapkan metode ARCS untuk menigkatkan motivasi belajar pada matapelajaran IPA siswa kelas II MI Muhammadiyah Klepu Temanggung mengalami peningkatan menjadi 91,1% angka tersebut dapat diartikan bahwa persentase motivasi belajar masuk dalam kategori sangat tinggi. T-test motivasi belajar sebelum penerapan metode ARCS dan setelah penerapan metode ARCS adalah t hitung sebesar -8.386 dan t table DF 7 dan probabilitas 0,05 dengan nilai siq. (2-tailed) sebesar 0,000 ˂ 0,05 artinya terdapat perbedaan motivasi belajar yang bermakna secara statistik atau signifikan pada probabilitas 0,05. Antara sebelum dan sesudah diterapkan metode ARCS maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode ARCS dapat meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran IPA di kelas II MI Muhammadiyah Klepu Temanggung.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd dan Irham Nugroho M.Pd.I (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction), Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 10 May 2019 03:14 |
Last Modified: | 10 May 2019 03:14 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/253 |
Actions (login required)
View Item |