Wijayanti, Maesyaroh Septi (2019) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH (MBM) DI MI TARBIYATUL MUSLIM CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0405.0012 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (528kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0405.0012 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0405.0012 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (740kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0405.0012 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
14.0405.0012 _ SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (243kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana implementasi manajemen berbasis madrasah di MI Tarbiyatul Muslim Candimulyo Kabupaten Magelang. Latar belakang permasalahan dari penelitian ini ialah orang tua cenderung menyekolahkan anaknya ke SD. Hal ini terjadi karena MI Tarbiyatul Muslim berada di tengah-tengah SD favorit, dengan segudang prestasi dan fasilitas yang lebih memadai. Selain itu di MI Tarbiyatul Muslim ini kurang mendapatkan respon dari masyarakat karena kurangnya bersosialisai, promosi dengan masyarakat sekitarnya untuk menyekolahkan anaknya ke MI tersebut serta kurangnya perhatian guru terhadap peserta didik. Selain itu sarana dan prasarana yang digunakan kurang mendukung untuk kegiatan pembelajaran Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif field research (penelitian lapangan) yang sumber data primernya diperoleh langsung dari Kepala Madrasah, Komite Madrasah atau guru, Sedangkan data sekundernya adalah yang bersumber dari dokumentasi. Kemudian data ini dikumpulkan dan dianalisa secara deskriptif kualitatif. Metode deskriptif ialah suatu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu fenomena secara detil atau holistik (utuh) Dari hasil temuan penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: implementasi manajemen berbasis madrasah mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Manajemen tenaga pendidik dan kependidikan mencakup restrukturisasi guru madrasah. Manajemen kesiswaan meliputi, penerimaan peserta didik baru, kegiatan pembelajaran, dan persiapan studi lanjut atau bekerja. Manajemen keuangan dan pembiayaan meliputi planning, implementation dan evaluation. Manajemen sarana dan prasarana meliputi perencanaan, pengadaan, pengawasan, penyimpanan inventaris dan penghapusan serta penataan. Manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat meliputi menetapkan vivi masa depan, perencanaan dan evaluasi untuk upaya perbaikan madrasah melalui dewan pendidikan dan komite madrasah. Layanan khusus meliputi pelayanan keamanan kepada peserta didik, dan kesehatan jasmani. Dalam upaya implementasi manajemen berbasis madrasah di MI Tarbbiyatul Muslim Dalangan mengalami beberapa kendala diantaranya kurangnya sarana dan prasaranan yang kuarng mendukung dan membutuhkan biaya yang besar serta kemapuan dan kecerdasan setiap anak didik berbeda-beda.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Muis Sad Iman, M.Ag dan Ahwy Oktradiksa, M.Pd.I (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Manajemen Berbasis Madrasah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 10 May 2019 03:08 |
Last Modified: | 10 May 2019 03:08 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/250 |
Actions (login required)
View Item |