Amalia, Riska (2020) EFEKTIVITAS METODE CERAMAH ONLINE DENGAN DAN TANPA MODIFIKASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA DI POSBINDU PIKBO DESA BLONDO 2020. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0603.0033_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0603.0033_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (702kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0603.0033_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0603.0033_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0603.0033_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (145kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang : Masa remaja merupakan masa transisi dari kanak-kanak ke masa dewasa yang diiringi berbagai masalah yang kompleks seperti seksualitas, terinfeksi penyakit menular seksual (HIV dan AIDS), serta penyalahgunaan NAPZA. Banyak remaja Indonesia yang mencari informasi terkait kesehatan reproduksi melalui teman sebaya, internet, pacar, dan majalah sehingga menyebabkan remaja masih minim pengetahuan tentang kesehatan reproduksi. Tujuan : untuk mengetahui efektivitas metode ceramah dengan dan tanpa modifikasi terhadap pengetahuan dan sikap kesehatan reproduksi pada remaja. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif qusi eksperiment dengan rancangan two group pretest posttest with control design dengan sampel 68 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tentang pengetahuan dan sikap kesehatan reproduksi. Data diolah dengan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Hasil : menunjukan bahwa perbedaan rata-rata pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol yaitu 3.00 dan 2.82. Sedangkan perbedaan rata-rata sikap remaja tentang kesehatan reproduksi pada kelompok intervensi dan kontrol yaitu 3,00 dan 2,52. Berdasarkan uji Mann-Whitney Test pengetahuan dan sikap diketahui nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0.011 dan 0.000 dimana p value < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan antara pengetahuan dan sikap pada kelompok intervensi dan kontrol. Simpulan : Sehingga dapat dikatakan bahwa metode ceramah online yang dimodifikasi metode simulasi dan buzz group lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja tentang kesehatan reproduksi dibandingkan dengan metode ceramah. Saran : dapat dijadikan dasar penelitian selanjutnya yaitu penerapan metode edukasi yang dimodifikasi dalam kondisi normal atau mengkombinasikan dengan metode lainnya yang bisa dilakukan secara online maupun offline.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Ns. Enik Suhariyanti, M.Kep dan Dra. Sri Margowati, M.Kes |
Uncontrolled Keywords: | Remaja, Seksualitas, Infeksi Menular Seksual, NAPZA, Metode Edukasi |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 29 Apr 2021 02:25 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 02:25 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2498 |
Actions (login required)
View Item |