PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH 1 BONJOR

Dewi, Sekli Sesaria Puspita (2019) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH 1 BONJOR. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0405.0004 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (834kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0405.0004 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0405.0004 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0405.0004 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0405.0004 _ SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) lingkungan sekolah di MI Muhammadiyah 1 Bonjor, 2) motivasi belajar siswa di MI Muhammadiyah 1 Bonjor, 3) pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa MI Muhammadiyah 1 Bonjor. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Muhammadiyah 1 Bonjor Kabupaten Temanggung yang berjumlah 121 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Muhammadiyah 1 Bonjor Kabupaten Temanggung yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket yang digunakan untuk mengetahui variabel lingkungan sekolah dan motivasi belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment dengan menggunakan bantuan SPSS for windows versi 16.0. Hasil analisis diskriptif dari penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan sekolah dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata mencapai 39,13. Motivasi belajar siswa dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata mencapai 43,00. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,906, berdasarkan rumus df=N-nr=23-2=21 diketahui r tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,413 dan r tabel pada taraf signifikan 1% yaitu 0,526, maka rxy sebesar 0,906 tersebut lebih besar apabila dibangdingkan dengan r tabel pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%. Dengan demikian Ha yang diajukan diterima, sedangkan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif antara lingkungan sekolah dengan motivasi belajar siswa MI Muhammadiyah 1 Bonjor

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd. dan Irham Nugroho, M.Pd.I (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 10 May 2019 03:05
Last Modified: 10 May 2019 03:05
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/249

Actions (login required)

View Item View Item