PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA (Penelitian di MI Nurul Yaqin Podosoko Candimulyo Magelang)

Suharti, Ita (2019) PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA (Penelitian di MI Nurul Yaqin Podosoko Candimulyo Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0405.0001 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (720kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0405.0001 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0405.0001 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0405.0001 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (869kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0405.0001 _ SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media visual dalam pembelajaran IPA terhadap peningkatan prestasi belajar IPA siswa kelas V di MI Nurul Yaqin Podosoko. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2018/2019 dalam dua siklus setiap siklus ada dua pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas V MI Nurul Yaqin Podosoko Candimulyo Magelang yang berjumlah 8 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sementara instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media visual dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pokok bahasan alat pernapasan pada manusia. Hal ini terbukti dari hasil pembelajaran saat pratindakan, rata-rata kelas adalah 47,5 dengan hasil tidak ada siswa yang mendapatkan nilai 84-100, 2 siswa (25%) mendapatkan nilai antara 66-83, 1 siswa (12,5%) mendapatkan nilai antara 48-65, dan 5 siswa (62,5%) mendapatkan nilai antara 30-47. Pada siklus I diperoleh peningkatan hasil rata-rata kelas 60 dengan hasil bahwa terdapat 1 siswa (13%) memperoleh nilai antara 84-100, 2 siswa (25%) memperoleh nilai antara 66-83, 3 siswa (38%) memperoleh nilai antara 48-65, dan 2 siswa (25%) mendapat nilai antara 30-47.Pada siklus II yang semakin meningkat dengan rata-rata kelas 85 dengan hasail bahwa terdapat 4 siswa (50%) mendapat nilai antara 84-100, 3 siswa (38%) mendapat nilai antara 66-83, 1 siswa (13%) mendapat nilai antara 48-65, dan tidak ada siswa yang mendapatkan nilai antara 30-47. Dengan demikian ada peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar 12,5%, kemudian setelah siklus II meningkat menjadi 37,5%. Selain itu aktivitas siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya aktivitas siswa dalam bertanya, menjawab dan memahami materi. Dari perhitungan t-testmenggunakan media visual diperoleh hasil th sebesar 6,42. Bila dikonsultasikan dengan t tabel dengan df=7 hasilnya adalah ts0,05=2,36< th=6,42˃ ts0,01=3.50. Pada taraf signifikan 5% maupun 1% Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media visual dapat meningkatkan prestasi belajar IPA kelas V MI Nurul Yaqin Podosoko Candimulyo.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd dan Irham Nugroho, M.Pd.I (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Media Visual, Penelitian Tindakan Kelas, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 10 May 2019 03:00
Last Modified: 10 May 2019 03:00
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item