Febriantari, Venna Adella Sera (2020) GAMBARAN SKRINING RESEP DAN PIO DI PUSKESMAS PRINGSURAT KECAMATAN PRINGSURAT, KABUPATEN TEMANGGUNG. Diploma thesis, Tugas Akhir, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Tugas Akhir)
17.0602.0007_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (596kB) | Preview |
|
PDF (Tugas Akhir)
17.0602.0007_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
||
PDF (Tugas Akhir)
17.0602.0007_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (545kB) | Request a copy |
||
PDF (Tugas Akhir)
17.0602.0007_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Tugas Akhir)
17.0602.0007_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (181kB) | Preview |
Abstract
Pelayanan kefarmasian merupakan suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi yang bertujuan untuk mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Pelayanan farmasi klinik digunakan untuk kepentingan atau kebutuhan pasien dengan cara memperhatikan kebutuhannya serta kondisi penyakit pasien untuk dapat mengetahui terapi obat, salah satu pelayanan farmasi klinik yaitu kegiatan skrining resep dan pelayanan informasi obat (PIO). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran skrining resep dan PIO di Puskesmas Pringsurat Kecamatan Pringusurat, Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara menggunakan metode observasi atau mengamati secara langsung atau terhadap pelayanan kefarmasian pada bagian skrining resep dan pelayanan informasi obat (PIO) di Puskesmas Pringsurat menggunakan lembar checklist. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 95 resep pada bulan Juli 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pelayanan kefarmasian di bagian skrining resep menunjukkan persentase sebesar 77%. Pelayanan kefarmasian di bagian pelayanan informasi obat menunjukkan persentase sebesar 83%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan jumlah skor rata-rata sebesar 80% dari 100% yang menunjukkan pelayanan kefarmasian di Puskesmas Pringsurat sudah cukup baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku yaitu Peraturan Menteri Kesehatan No.74 Tahun 2016 tentang standar pelayanan kefarmasian di puskesmas.
Item Type: | Karya Ilmiah (Diploma) |
---|---|
Pembimbing: | apt. Puspita Septie Dianita, M. P. H dan apt. Imron Wahyu Hidayat, M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | Gambaran, Skrining Resep, Pelayanan Informasi Obat (PIO), Puskesmas |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 28 Apr 2021 06:43 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 06:43 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2457 |
Actions (login required)
View Item |