Safitri, Indra Pagik (2020) TINJAUAN KRIMINOLOGI TINDAK KEKERASAN BULLYING DI KALANGAN PESERTA DIDIK. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0201.0011_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0201.0011_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (862kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0201.0011_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
||
PDF
16.0201.0011_FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0201.0011_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (407kB) | Preview |
Abstract
Bullying terhadap anak merupakan suatu kejahatan yang bertentangan terhadap aturan hukum, dimana dapat memberikan dampak negatif bagi anak yang menjadi sasaran baik secara fisik, emosional dan psikologis. Kasus bullying yang terjadi pada anak bertentangan dengan perlindungan anak sebagai upaya untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi, secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari berbagai kekerasan dan diskriminasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah yang menjadi faktor penyebab terjadinya perilaku bullying dikalangan peserta didik? (2) Bagaimana pandangan hukum pidana terhadap perilaku bullying yang terjadi dikalangan peserta didik? (3) Bagaimanakah upaya penanggulangan bullying terhadap peserta didik? Penelitian ini menggunakan metode penelitian deduktif kualitatif dengan pendekatan normative. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari studi pustaka berupa buku-buku, dokumen, peraturan perundang-undangan, karya ilmiah yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, sementara data sekunder diperoleh secara langsung dari sumber utama yaitu pihak yang menjadi objek dari penelitian ini. Adapun Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan du acara yaitu studi kepustakaan dan penelitian lapangan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diperoleh jawaban atas permasalahan yang ada dan dapat ditarik kesimpulan bahwa, pertama faktor yang menyebabkan terjadinya bullying dikalangan peserta didik yaitu, Adanya perbedaan kelas, ras dan agama, Senioritas, Adanya sifat bahwa mereka merasa memiliki kelebihan atau merasa paling sempurna, Teman sekolah, Brokenhome, adanya perbedaan ekonomi. Kedua apabila terjadi tindak kekerasana bullying dalam hukum positif dikenakan hukum yang ada dalam KUHP, ketiga Upaya Penanggulangan tindak kekerasan bullying dikalangan peserta didik yaitu berdasarkan dalam pasak 10 Peraturan Meteri dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan Di Lingkungan Satuan Pendidikan. Saran dalam penelitian ini adalah: (1) Agar sosialisasi mengenai pencegahan bullying terhadap anak ditingkatkan dan perlindungan hukum terhadap anak yang menjadi korban bullying dioptimalkan oleh aparat penegak hukum dan instansi terkait dengan memberikan perlindungan secara medis dan secara psikologis terhadap anak korban kekerasan. (2) Agar pengawasan terhadap pergaulan dan lingkungan bermain anak ditingkatkan dalam rangka mencegah anak melakukan bullying terhadap anak lainnya, sehingga setiap anak dapat tumbuh dan berkembang secara baik dalam rangka menyongsong masa depannya. (3) Perlu adanya peraturan khusus mengenai tindak kekerasan bullying baik secara fisik maupun verbal. Karena tanpa aturan khusus bullying hanya dianggap sebagai perlakuan yang wajar atau bahkan dapat menjadi budaya dalam masyarakat.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Yulia Kurniaty,S.H.,M.H dan Johny Krisnan,S.H.,M.H |
Uncontrolled Keywords: | Tinjauan Kriminologi, Bullying, Peserta Didik. |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 03:22 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 03:22 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2447 |
Actions (login required)
View Item |