PENGARUH TEKNIK EXPRESSIVE WRITING DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN MENGELOLA MARAH (Penelitian pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 3 Mertoyudan Kabupaten Magelang)

Amatullah, Salwa (2020) PENGARUH TEKNIK EXPRESSIVE WRITING DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN MENGELOLA MARAH (Penelitian pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 3 Mertoyudan Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
1503010018_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
1503010018_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
1503010018_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0018_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
1503010018_ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konseling kelompok dengan teknik expressive writing untuk mengelola marah siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Mertoyudan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Subjek penelitian dipilih secara Purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 12 siswa kelas VII E, 6 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 6 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket mengelola marah siswa. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis parametric yaitu uji Paired sample t-test dan Independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa konseling kelompok dengan teknikexpressive writingberpengaruhterhadap mengelola marah siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil uji Paired sample t test kelompok eksperimen dengan probabilitas Sig. (2-tailed) 0,000< 0,05. Berdasarkan analisis rata-rata peningkatan kelompok eksperimen sebesar 12,78%sedangkan rata – rata peningkatan kelompok kontrol sebesar 3,05%. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan penggunaan konseling kelompok teknik expressive writingberpengaruh terhadap mengelola marah.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd., Kons dan Hijrah Eko Putro, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Expressive Writing, Mengelola Marah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 28 Apr 2021 07:57
Last Modified: 28 Apr 2021 07:57
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2388

Actions (login required)

View Item View Item