EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK MELALUI TEKNIK PLAY THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA (Penelitian pada kelas XI Farmasi SMK Bumantara Muntilan)

Himawati, Riva (2020) EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK MELALUI TEKNIK PLAY THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA (Penelitian pada kelas XI Farmasi SMK Bumantara Muntilan). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0069_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (601kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0069_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0069_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0069_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0069_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok melalui teknik play therapy untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI Farmasi 2 SMK Bumantara Muntilan T.A 2019/2020 Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre eksperimen dengan model One group pretest-posttest design. Subyek penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 8 siswa yang mempunyai percaya diri rendah yang akan mendapatkan perlakuan dengan layanan konseling kelompok melalui teknik Play Therapy. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesiner atau angket. Teknik analisis data menggunakan analisis parametrik Uji Paired Sample T Test. Hasil dari sig menunjukkan p= 0,000 < 0,05, hasil probabilitas menunjukkan 0,05 maka signifikan. Nilai thitung adalah -8.690 dengan ttabel adalah 2,365 dengan demikian - thitung < - ttabel. Hasil tersebut membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya rata-rata kenaikan percaya diri siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan ada peningkatan, maka hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu bahwa hipotesis Ha diterima , yaitu konseling kelompok melalui teknik play therapy efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa. dan menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok teknik play therapy efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kepercayaan diri siswa antara sebelum dan setelah diberikan tindakan konseling kelompok melalui teknik play therapy. Peningkatan skor tertinggi adalah 19,1 atau sekitar 17,61% dan skor terendah sebesar 9 atau sekitar 7,82% , rata-rata peningkatan skor sebesar 29 atau sekitar 28,71% , Selain itu peningkatan kepercayaan diri siswa ditandai dengan perubahan perilaku siswa yang tadinya terlihat gugup ketika berbicara dihadapan teman-temannya, bersuara lirih ketika berpendapat dalam diskusi kelompok menjadi lebih percaya diri dan mau mengemukakan pendapat ketika berdiskusi. tidak malu berbicara didepan temantemannya, mau bersikap terbuka terhadap teman-temannya.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati M.Pd dan Astiwi Kurniati M.Psi
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Percaya Diri, Play Therapy
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 28 Apr 2021 07:32
Last Modified: 28 Apr 2021 07:32
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2376

Actions (login required)

View Item View Item