PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PALILU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SDN Tempak Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang)

Kurniawati, Rany (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PALILU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SDN Tempak Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0077_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0077_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0077_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0077_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0077_PERNYATAAN PUBLIKASI DONE.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together berbantuan Media Palilu terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN Tempak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan model Non Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian dipilih secara non probability sampling. Sampel yang diambil sebanyak 43 orang siswa terdiri dari 22 siswa kelompok eksperimen dan 21 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Uji validitas instrumen tes dengan menggunakan product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS 21. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik yaitu Uji Wilcoxon dengan bantuan program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Number Head Together berbantuan Media Palilu berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Wilcoxon pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000< 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata posttest antara kelompok eksperimen sebesar 77,3 dan kelompok kontrol sebesar 67,0.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons, dan Septiyati Purwandari, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Model Number Head Together, Media Palilu, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 28 Apr 2021 04:02
Last Modified: 28 Apr 2021 04:02
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2360

Actions (login required)

View Item View Item